STRATEGI PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS PENGAMALAN DALAM MENINGKATKAN AKHLAK SISWA (Studi Kasus di di SMK El-Amin Cabangbungin)

Murthasiah, Dewi (2025) STRATEGI PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS PENGAMALAN DALAM MENINGKATKAN AKHLAK SISWA (Studi Kasus di di SMK El-Amin Cabangbungin). Magister (S2) thesis, Universitas Islam 45.

[img] Text
01 PENDAHULUAN.pdf

Download (977kB)
[img] Text
02 BAB I.pdf

Download (304kB)
[img] Text
03 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (491kB) | Request a copy
[img] Text
04 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB) | Request a copy
[img] Text
05 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (694kB) | Request a copy
[img] Text
06 BAB V.pdf

Download (262kB)
[img] Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (246kB)

Abstract

Strategi pembelajaran berbasis pengamalan menjadi penting agar siswa tidak hanya tahu, tetapi juga mau dan mampu mengamalkan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari melalui internalisasi dan pengamalan nilai-nilai keislaman, mendorong pribadi yang beriman dan bertakwa dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam Berbasis Pengamalan Ajaran Islam Dalam Meningkatkan Akhlak Siswa, bentuk pengamalan berbasis Islam yang diinternalisasikan pada siswa melalui strategi pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam di SMK El-Amin Kecamatan Cabangbungin Kabupaten Bekasi serta implikasinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dengan melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Guru PAI di SMK El-Amin menerapkan Teacher Centered Learning yang menekankan peran guru sebagai teladan dan pembimbing langsung, Student Centered Learning yang mendorong kemandirian dan kolaborasi aktif siswa, serta Contextual Learning Media seperti poster, video, dan studi kasus. Strategi-strategi ini menjadikan ajaran Islam lebih mudah dipahami, dihayati, dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga secara nyata meningkatkan akhlak siswa. 2. Bentuk Pengamalan ajaran Islam diinternalisasikan melalui strategi pembelajaran dan pembiasaan terstruktur oleh Guru PAI, meliputi: (1) pengamalan ibadah seperti shalat berjamaah, shalat Dhuha, tadarus Al-Qur’an, serta hafalan doa dan khutbah yang melatih kedisiplinan dan kepemimpinan; (2) pembiasaan akhlak pribadi seperti sopan santun, kejujuran, kemandirian, dan muhasabah diri; serta (3) pengamalan akhlak sosial melalui kegiatan bakti sosial, Gerakan Jum’at Berkah, dan peringatan Hari Besar Islam yang melibatkan siswa secara aktif. 3. Strategi guru PAI berdampak signifikan terhadap peningkatan pemahaman ibadah, pembentukan akhlak mulia, dan terciptanya budaya religius di sekolah. Siswa menjadi lebih disiplin, bertanggung jawab, berempati, serta proaktif menjalankan ibadah dan kegiatan keagamaan.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Magister (S2))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDHaryono, Pauzan0407067607
UNSPECIFIEDMisbahul Alam, Dede Rubai0428048206
Keywords / Kata Kunci: Pengamalan, Strategi Pembelajaran, PAI.
Subjects: Deskriptif
Pendidikan
Pendidikan Agama Islam
Faculty: Sekolah Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam S2
Depositing User: Ms. Dewi Murthasiah
Date Deposited: 09 Sep 2025 09:34
Last Modified: 09 Sep 2025 09:34
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/8475

Actions (login required)

View Item View Item