Yuliani, Nadia (2025) Kredibilitas Komunikator dalam Membangun Image Produk Skincare. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45.
![]() |
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (399kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (132kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (740kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (93kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (172kB) |
Abstract
Praktik overclaim merupakan tindakan suatu merek yang menerangkan bahwa mereka memberikan klaim berlebihan terhadap kualitas, manfaat maupun efektivitas pada produk yang dijualnya. Hadirnya Doktif membawa dampak yang signifikan terhadap citra produk skincare suatu brand melalui konten-konten yang disajikan. Doktif pun kerap mengungkapkan praktik manipulative di industri kecantikan atau ia sebut “mafia skincare” berdasarkan pada data yang valid. Oleh karena itu kredibilitas yang dimiliki Doktif meningkat karena memiliki pengaruh yang kuat membentuk persepsi konsumen maupun nilai citra ada produk yang direview. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh informasi Dokter Detektif melalui media sosial TikTok terhadap image skincare. Metodelogi yang digunakan pada penelitian ini mengunakan kuantitatif dengan asosiatif deskriptif yang menerapkan probability sample sampling. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner dan wawancara kepada para pengikut di media sosial TikTok Dokter Detektif secara acak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya Doktif mempengaruhi perspektif followers dan memberikan pengaruh terhadap image produk skincare yang telah direview baik tanggapan positif dan negatif. The practice of overclaiming is the act of a brand explaining that they make excessive claims about the quality, benefits and effectiveness of the products they sell. Doktif' presence has a significant impact on the image of a brand's skincare products through the content presented. Doktif often reveals manipulative practices in the beauty industry or what she calls the “skincare mafia” based on valid data. Therefore, Doktif' credibility increases because it has a strong influence in shaping consumer perceptions and the image value of the products reviewed. This study aims to determine the influence of Doktif' information through TikTok social media on skincare image. The methodology used in this study uses quantitative with descriptive associative which applies probability sample sampling. Data was obtained through distributing questionnaires and interviews to followers on social media TikTok Doctor Detective randomly. The results of this study indicate that the existence of Doktif influences the perspective of followers and influences the image of skincare products that have been reviewed, both positive and negative responses.
Item Type: | Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1)) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi: |
|
||||||
Keywords / Kata Kunci: | Dokter Detektif, Kredibilitas, Merek, Perawatan kulit, TikTok Doctor Detective, Credibility, Merk, Skincare, TikTok | ||||||
Subjects: | Ilmu Komunikasi | ||||||
Faculty: | Fakultas Komunikasi Sastra dan Bahasa > Ilmu Komunikasi S1 | ||||||
Depositing User: | Ms. Nadia Yuliani | ||||||
Date Deposited: | 25 Aug 2025 06:06 | ||||||
Last Modified: | 25 Aug 2025 06:06 | ||||||
URI: | http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/8373 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |