Farhansyah, Rayhan (2023) PERAN KOMUNIKASI ORANG TUA TERHADAP PERILAKU ANAK SAAT BERMAIN GADGET PASCA PANDEMI COVID – 19. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45.
![]() |
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (142kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (218kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (302kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (265kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (12kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (128kB) |
Abstract
Abstrak Corona merupakan penyakit menular ditandai dengan gejala flu, batuk, demam, sesak nafas, dan sakit tenggorokan hingga dapat menyebabkan seseorang meninggal dunia apabila tidak ditangani dengan intensif. Corona Virus Disease 2019 atau lebih dikenal dengan sebutan COVID 19. Berdasarkan data terakhir pertanggal 1 April 2020, Indonesia memiliki kasus1.937COVID-19 yang terdiri dari 1.677 positif, 103 sembuh, dan 157 meninggal (Covid19.go.id). Selama pandemi Covid-19 berlangsung, pembelajaran secara daring telah dilakukan hampir diseluruh penjuru dunia, namun sejauh ini pembelajaran dengan sistem daring belum pernah dilakukan secara serentak (Sun et al., 2020). Sehingga dalam proses pembelajaran yang dilakukan secara daring ini, semua elemen pendidikan diminta untuk mampu dalam memberikan fasilitas pembelajaran agar tetap aktif walaupun dilakukan tanpa tatap muka, sebagai alat atau media yang digunakan dalam proses pembelajaran menggunakan gadget. Tujuan penelitian Untuk mengetahui Peran komunikasi orang tua terhadap perilaku anak saat bermain gadget di Pasca pandemi covid-19. Metode penelitian ini yang dilakukan oleh penulis adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Orang tua memiliki kewajiban dalam mendidik anaknya, kendala dari pihak orang tua meliputi faktor sosial, faktor keluarga, faktor tahap perkembangan keluarga,. Jadi dapat dikatakan bahwa keluarga memiliki peran besar dalam proses pendidikan anak. Penelitian ini mempelajari masalah dalam masyarakat tentang hubungan, kegiatan, sikap, pandangan, serta pengaruh nya. Peran orang tua dalam hal komunikasi berpengaruh kepada anak, baik buruknya pola komunikasi yang dimiliki anak, dipengaruhi oleh pola dan seringnya komunikasi orang tua yang diterapkan pada anaknya. Komunikasi yang baik akan membuat anak merasa memiliki harga diri yang kuat serta mampu menciptakan kepribadian yang sehat pada diri anak. Melalui komunikasi orang tua dan anak juga dapat mengekspresikan perasan masing-masing .Bagi orang tua, untuk kebaikan putra putrinya agar terus berusaha membatasi dalam penggunaan gadget, tentunya dengan menggunakan pendekatan yang mudah diterima oleh anak, baik dalam penggunaan bahasa maupun dalam bertutur kata. Kata Kunci : Komunikasi Keluarga, Komunikasi Orang Tua Abstract Corona is an infectious disease which is more often characterized by flu symptoms, cough, fever, shortness of breath, and sore throat, which can cause a person to die if not treated intensively. In the end, Covid 19 attacked other countries due to human movement. The research method used by the author is qualitative research with descriptive methods. Parents have an obligation to educate their children, the constraints of the parents include social status factors, family form factors, family development stage factors, and role model factors. So it can be said that the family has a big role in the process of children's education. This research studies problems in society, as well as procedures that apply in society and situations in certain situations, including relationships, activities, attitudes, views, ongoing processes and the effects of a phenomenon During the Covid-19 pandemic, online learning has been implemented in almost all corners of the world, but so far learning with an online system has never been carried out simultaneously (Sun et al., 2020). So that in this online learning process, all elements of education are asked to be able to provide learning facilities so that they remain active even though it is done without face to-face meetings. Parents are required to be able to guide their children to learn from home and be able to replace teachers at school, so that the role of parents in achieving online learning goals and guiding children while studying at home becomes very important. Keywords: Family Communication, Parents Communication
Item Type: | Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1)) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi: |
|
||||||
Keywords / Kata Kunci: | Komunikasi Keluarga, Komunikasi Orang tua | ||||||
Subjects: | Ilmu Komunikasi | ||||||
Faculty: | Fakultas Komunikasi Sastra dan Bahasa > Ilmu Komunikasi S1 | ||||||
Depositing User: | Rayhan Far Rayhan Farhansyah | ||||||
Date Deposited: | 24 Jul 2025 07:24 | ||||||
Last Modified: | 24 Jul 2025 07:24 | ||||||
URI: | http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/8076 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |