Pengoptimalan Pelayanan Nasabah Dengan Menggunakan Penerapan Teori Antrian Pada Bank Central Asia,Tbk Kantor Cabang Pembantu Tambun

Nita, Klara Kresta (2025) Pengoptimalan Pelayanan Nasabah Dengan Menggunakan Penerapan Teori Antrian Pada Bank Central Asia,Tbk Kantor Cabang Pembantu Tambun. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (634kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (920kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (490kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (278kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (301kB)

Abstract

Tujuan dari penelitin ini adalah untuk mengetahui pengoptimalan pelayanan pada BCA KCP Tambun. Karena untuk saat ini sistem antrean yang berjalan belum optimal dikarenakan jumlah nasabah yang bertransaksi melebihi jumlah fasilitas yang ada. Dalam penelitian ini dilakukan perhitungan dengan menggunakan penerapan teori antrean serta menganalisis menggunakan fishbone digaram. Hasil penelitian yang di peroleh adalah perhitungan 3 counter Teller diketahui Ls = 7.03 , Nilai Ws = 0,39 jam atau 23.42 menit, Nilai Lq = 4,46 atau 4 pelanggan Nilai Wq = 0,25. Hasil Perhitngan setelah di tambahkan satu counter Teller. Nilai Ls = 3.19 atau nasabah, Ws = 0,18 jam atau 10,64 menit , Lq = 0,62 atau 1 nasabah , Wq = 0,03 atau 2,07 menit. Terdapat selisih angka sebesar 12,78 menit dalam waktu nasabah yang antri dalam sistem. Dengan penambahan jumla counter Teller diprediksi dalam mengurangi waktu antrean. Selain penambahkan jumlah Teller terdapat solusi lain untuk mengurangi sistem antrean yaitu dengan mensosialisasikan Slip Ebranch pada setiap transaksi Teller agar kedepannya nasbah bisa reservasi cabang ketika ingin bertransaksi, mensortir setiap nasabah yang ingin setor dan tarik tunai dibawah 15 juta ke masin ATM, melakukan perawatan mesin yang awalnya per tiga bulan sekali menjadi setiap bulan agar tidak ada uang yang tersangkut dan tidak ada kendala pada saat nasabah bertransaksi.Secara umum dapat ditarik kesimpulan bahwa sistem antrean setelah diperhitungan menggunakan penerapan teori antrean dan di analisis menggunakan fishbone diagaram diprediksi dapat mengurangi antrean dan mengurangi waktu tunggu yang dialami nasabah

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDPengestuti, Rinda Siaga0428118904
Keywords / Kata Kunci: Teori Antrean, Pelayanan, Fishbone Diagram
Subjects: Manajemen Operasional
Faculty: Fakultas Ekonomi > Manajemen S1
Depositing User: Ms Klara Kresna
Date Deposited: 24 Jun 2025 04:38
Last Modified: 24 Jun 2025 04:38
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/7888

Actions (login required)

View Item View Item