IMPLEMENTASI METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI (Studi Siswa Kelas VII di SMPIT YPI 45 Kota Bekasi)

Azizah, Tsuraya Imtiyaaz (2025) IMPLEMENTASI METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI (Studi Siswa Kelas VII di SMPIT YPI 45 Kota Bekasi). Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45.

[img] Text
01 COVER PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 BAB I.pdf

Download (271kB)
[img] Text
03 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB) | Request a copy
[img] Text
04 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB) | Request a copy
[img] Text
05 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB) | Request a copy
[img] Text
06 BAB V.pdf

Download (129kB)
[img] Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (235kB)

Abstract

learning tipe Jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII di SMPIT YPI 45 Bekasi. Metode Jigsaw diterapkan dalam proses pembelajaran dengan membagi materi menjadi beberapa sub-topik, menugaskan setiap siswa dalam kelompok asal untuk mempelajari satu sub-topik, membentuk kelompok ahli untuk diskusi mendalam, dan kemudian kembali ke kelompok asal untuk saling mengajarkan. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif pendekatan Field Research. Penelitian ini dilakukan di SMPIT YPI 45 Bekasi yang telah dilaksanakan pada bulan Februari – April 2025 dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik dalam pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dengan melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil pengumpulan data dan analisis data, maka temuan penelitian ini yaitu: Implementasi Metode Koperatif tipe Jigsaw pada siswa kelas VII di SMPIT YPI 45 Bekasi terdiri dari : 1) Perencanaan yang meliputi tiga aspek yaitu (a) Perumusan tujuan metode pembelajaran koperatif tipe Jigsaw terdapat dua tujuan yakni tujuan mengenai kompetensi yang mencakup aspek kognitif. Juga tujuan menggunakan metode pembelajaran Koperatif tipe Jigsaw supaya siswa lebih aktif dan keterampilan komunikasi siswa meningkat serta dapat memberikan kesempatan siswa untuk bekerja sama dan berdiskusi tentang materi tersebut. (b) Pemilihan materi pelajaran. (c) Persiapan metode yaitu menyiapkan 4 bahan, mengukur, menggunting dan menulis pertanyaan dan jawaban pada kartu. 2) Pelaksanaan meliputi tiga aspek yaitu (a) Kegiatan Pendahuluan meliputi mengucapkan salam, berdoa dan menyampaikan materi pelajaran secara singkat tentang Kondisi Masyarakat Madinah Sebelum Islam. (b) Kegiatan Inti (c) Kegiatan Penutup. 3) Evaluasi yaitu mengevaluasi siswa melalui aspek kognitif yang mencakup dari segi pengetahuan dan keaktifan siswa. Adapun Implikasi Metode Koperatif tipe Jigsaw Dalam Menigkatkan Hasil Belajar Pelajaran PAI Kelas VII di SMPIT YPI 45 Bekasi diukur dari 3 aspek yaitu secara kognitif, afektif, dan psikomotorik.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDIrham, Irham0406058602
Keywords / Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Pendidikan Agama Islam, Jigsaw.
Subjects: Deskriptif
Pendidikan Agama Islam
Faculty: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Ms. Tsuraya Imtiyaaz Azizah
Date Deposited: 14 Aug 2025 07:48
Last Modified: 14 Aug 2025 07:48
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/7722

Actions (login required)

View Item View Item