Perbandingan Latihan Passing Segitiga Dan Passing Segiempat Terhadap Ketepatan Passing Dalam Permainan Futsal Pada Pemain Ekstrakurikuler Futsal MAN 15 Jakarta

Hakim, Fahrul (2025) Perbandingan Latihan Passing Segitiga Dan Passing Segiempat Terhadap Ketepatan Passing Dalam Permainan Futsal Pada Pemain Ekstrakurikuler Futsal MAN 15 Jakarta. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45.

[img] Text
PENDAHULUAN-FAHRUL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I-HAKIM.pdf

Download (57kB)
[img] Text
BAB II-HAKIM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III-HAKIM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV-HAKIM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-HAKIM.pdf

Download (38kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-HAKIM.pdf

Download (160kB)

Abstract

This study aims to compare the effectiveness of triangular passing drills and square passing drills on passing accuracy in futsal among extracurricular futsal players at MAN 15 East Jakarta. The research utilized an experimental method with a "two-group pretest-posttest" design. The sample consisted of 16 players divided into two groups. The first group underwent triangular passing drills, while the second group underwent square passing drills. The results indicated that both types of drills positively impacted passing accuracy. Triangular passing drills showed an average improvement of 20.70%, whereas square passing drills showed an average improvement of 16.48%. Statistical analysis revealed a significant difference between the two groups, with triangular passing drills demonstrating higher effectiveness. This study recommends the use of triangular passing drills to enhance futsal players' passing accuracy, as these drills emphasize game dynamics and better tactical understanding. The findings can serve as a reference for coaches and players in designing more effective training programs. Keyword: Square Passing Drills, Triangular Passing Drills, Passing Accuracy, Futsal, Wall Passing Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan efektivitas latihan passing segitiga dan passing segi empat terhadap ketepatan passing dalam permainan futsal pada pemain ekstrakurikuler futsal MAN 15 Jakarta Timur. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain "two-group pretest-posttest". Sampel penelitian terdiri dari 16 pemain yang dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama menjalani latihan passing segitiga, sementara kelompok kedua menjalani latihan passing segi empat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua jenis latihan memberikan pengaruh positif terhadap ketepatan passing. Latihan passing segitiga memberikan peningkatan rata-rata sebesar 20,70%, sedangkan latihan passing segi empat memberikan peningkatan rata-rata sebesar 16,48%. Uji statistik menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok, dengan latihan passing segitiga memiliki efektivitas yang lebih tinggi. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan latihan passing segitiga untuk meningkatkan akurasi passing pemain futsal, mengingat latihan ini menekankan dinamika permainan dan pemahaman taktis yang lebih baik. Hasil penelitian dapat menjadi acuan bagi pelatih dan pemain dalam merancang program latihan yang lebih efektif. Kata Kunci: Latihan Passing Segi Empat, Latihan Passing Segitiga, Ketepatan Passing, Futsal, Passing Tembok

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDBujang, Bujang0406036101
Keywords / Kata Kunci: Kata Kunci: Latihan Passing Segi Empat, Latihan Passing Segitiga, Ketepatan Passing, Futsal, Passing Tembok
Subjects: Pendidikan Olahraga
Faculty: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi S1
Depositing User: MR FAHRUL HAKIM
Date Deposited: 14 Feb 2025 08:40
Last Modified: 14 Feb 2025 08:40
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/7286

Actions (login required)

View Item View Item