Amsar, Muhammad Muhajirin (2024) Peran Guru Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Arab Santri Melalui 5 Program Pembelajaran Di Pondok Pesantren Darul Ilmi Wadd’wah Bogor. Magister (S2) thesis, Universitas Islam 45.
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (710kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (207kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (643kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (149kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (561kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Download (314kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (187kB) |
Abstract
ABSTRAK MUHAMMAD MUHAJIRIN AMSAR. 2024 M / 1446 H. “Peran Guru Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Arab Santri Melalui 5 Program Pembelajaran Di Pondok Pesantren Darul Ilmi Wadd’wah Bogor”. Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam (MPAI), Sekolah Pascasarjana Universitas Islam 45 Bekasi. Email penulis : muhajirinmuhammad3@gmail.com. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan keterampilan berbahasa arab santri melalui 5 program pembelajaran di Pondok Pesantren Darul Ilmi Wadd’wah Bogor, adapun 5 program tersebut yaitu ; pemberian mufrodat (kosakata), penyetoran mufrodat (kosakata), percakapan/dialog bahasa Arab (al-hiwar), public speaking (muhadharah), dan perbaikan bahasa (irtiqo’ul lughah). Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan pendekatan naratif. Pengumpulan data dilakukan dengan melalui observasi langsung di lingkungan Pondok Pesantren, wawancara mendalam dengan melibatkan pengajar dan pengurus Pondok Pesantren, dokumentasi yang dilakukan melalui catatan-catatan/tulisan profil lembaga dan pendokumentasian beberapa kegiatan ta’lim. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif yaitu menafsirkan data-data yang diperoleh kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Peran guru dalam meningkatkan keterampilan berbahasa arab santri melalui 5 program pembelajaran di Pondok Pesantren Darul Ilmi Wadd’wah Bogor adalah dengan 1) Memfasilitasi, memotivasi, mengawasi, mengontrol dan mengevaluasi bahasa Arab santri. 2) Dampak 5 program pembelajaran tersebut kepada santri, yaitu 1) Meningkatkan keterampilan berbahasa Arab santri meliputi aspek mendengar, berbicara, membaca dan menulis. 2) Meningkatkan prestasi indivual santri. 3) Program bahasa Arab berjalan efektif. Kata Kunci: Peran Guru, Pembelajaran bahasa Arab, dan Pondok Pesantren
Item Type: | Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Magister (S2)) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi: |
|
|||||||||
Keywords / Kata Kunci: | Peran Guru, Pembelajaran bahasa Arab, dan Pondok Pesantren | |||||||||
Subjects: | Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Faculty: | Sekolah Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam S2 | |||||||||
Depositing User: | Ms. Muhammad Muhajirin Amsar | |||||||||
Date Deposited: | 05 Sep 2024 07:56 | |||||||||
Last Modified: | 05 Sep 2024 07:56 | |||||||||
URI: | http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/6412 |
Actions (login required)
View Item |