STRATEGI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL DI SMK PARIWISATA METLAND SCHOOL CILEUNGSI BOGOR

Fadilah, Muhamad Irfan (2024) STRATEGI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL DI SMK PARIWISATA METLAND SCHOOL CILEUNGSI BOGOR. Magister (S2) thesis, Universitas Islam 45 Bekasi.

[img] Text
01 PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 BAB I.pdf

Download (577kB)
[img] Text
03 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (634kB) | Request a copy
[img] Text
04 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (560kB) | Request a copy
[img] Text
05 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
06 BAB V.pdf

Download (325kB)
[img] Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (427kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran berbasis digital. Dengan tujuan seberapa efektif strategi kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam menerapkan pembelajaran berbasis digital. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode evaluasi kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan guru, siswa, dan staf sekolah, serta melalui observasi langsung dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang efektif untuk meningkatkan mutu pembelajaran berbasis digital. Yaitu strategi kepemimpinan transformasional dalam menerapkan diantaranya 1. idealized Influence (pengaruh ideal) 2. Intellectual Stimulation (stimulasi intlektual)3. Individual Consideration (Pertimbangan individu) 4. Inspirational Motivation (Motivasi Inspiratif). Adapun implikasi dari strategi kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap peningkatan mutu pembelajaran berbasis digital di sekolah. 1. Pengembangan kurikulum, 2. Pengembangan kompetensi guru. 3. Pengembangan Pengadaan insfrastruktur teknologi dalam mendukung pembelajaran berbasis digital di sekolah. 4. Pengembangan Kesiswaan. Berdasarkan kesimpulan penelitian ada beberapa faktor-faktor kendala dan solusi dalam menerapkan strategi kepemimpinan transformasional untuk meningkatkan mutu pembelajaran berbasis digital. Kendala utama meliputi keterbatasan infrastruktur teknologi dan sebagian guru kurang kompetensi dalam bidang digital dan siswa masih belum mengerti cara pengaplikasian digital. Dukungan kuat dari pihak sekolah dalam kolaborasi sumber daya manusia seperti guru dan staf dalam melakukan evaluasi terhadap keberhasilan pelatihan juga menjadi faktor penunjang dalam percepatan transformasi digital.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Magister (S2))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDHaryono, Pauzan0407067607
UNSPECIFIEDAlam, Dede Rubai Misbahul0428048206
Keywords / Kata Kunci: Strategi, Kepemimpinan Transformasional, Pembelajaran Digital
Subjects: Manajemen
Pendidikan
Pendidikan Agama Islam
Faculty: Sekolah Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam S2
Depositing User: Mr. irfan fadilah
Date Deposited: 27 Sep 2024 09:44
Last Modified: 27 Sep 2024 09:44
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/6285

Actions (login required)

View Item View Item