ANALISIS PENERAPAN MODEL KONTEKSTUAL DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SEKOLAH DASAR

Sajidah, Afifah (2024) ANALISIS PENERAPAN MODEL KONTEKSTUAL DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SEKOLAH DASAR. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45.

[img] Text
Pendahuluan 10.pdf

Download (312kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (125kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (36kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (53kB)

Abstract

Penelitian ini didasari oleh rendahnya pemahaman konsep siswa terhadap mata pelajaran Matematika di sekolah dasar . Hal ini ditandai dengan banyaknya siswa yang belum mencapai KKM yang telah ditentukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep siswa menggunakan model pembelajaran Kontektual di sekolah dasar. Model pembelajaran kontektual melibatkan peran aktif dalam pembelajaran, serta meningkatkan ketertarikan siswa untuk senantiasa belajar, sehingga mereka bisa mendapatkan pengetahuan yang bersifat fleksibel dalam kehidupan sehari-hari. Tentu hal tersebut dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu sysctematic Literature Review (SLR) yang merujuk pada 11 artikel jurnal sesuai dengan kriteria inklusi yaitu : terindeks database google schoolar, dipublikasikan dalam jangka 8 tahun terakhir (2015-2023), yang ditinjau dari berbagai aspek yakni : (1) Berdasarkan metodologi yang digunakan yaitu 9 artikel jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan 2 artikel penelitian eksperimen (2) Gambaran penerapan model pembelajaran Kotekstual di kelas rendah maupun di kelas atas (3) ditinjau alat bantu pembelajaran. Berdasarkan hasil temuan analisis terdapat perbedaan hasil dalam penerapan model Kontekstual secara keseluruhan penelitian ini menunjukan kesimpulan bahwa model pembelajaran Kontekstual cocok digunakan dalam proses pembelajaran di kelas rendah maupun di kelas atas serta dapat meningkatkan pemahaman konsep pada mata Pelajaran matematika sekolah siswa sekolah dasar.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDAningsih, Aningsih04-060182-02
UNSPECIFIEDArrahim, Arrahim04-190389-01
Keywords / Kata Kunci: Model Pembelajaran Kontekstual, Pemahaman Konsep, Matematika, Sekolah Dasar
Subjects: Pendidikan
Faculty: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: ms afifah sajidah
Date Deposited: 01 Aug 2024 06:17
Last Modified: 01 Aug 2024 06:17
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/5784

Actions (login required)

View Item View Item