UPAYA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA KAHOOT UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI MUSTIKAJAYA VII BEKASI

Tiara Sari, Annisa Fitriani (2024) UPAYA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA KAHOOT UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI MUSTIKAJAYA VII BEKASI. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45 Bekasi.

[img] Text
PENDAHULUAN .pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (216kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (889kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (131kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB)

Abstract

Masalah utama pembelajaran matematika di sekolah dasar adalah rendahnya pemahaman siswa terhadap pelajaran matematika. Dalam proses belajar, daya ingat siswa masih rendah sehingga siswa mudah lupa terhadap materi yang telah dipelajari, kemampuan siswa untuk menyatakan kembali maksud dari pecahan senilai pada materi pecahan masih kurang, siswa merasa kesulitan memberikan contoh pecahan dan bukan contoh pecahan, ketika diminta menyelesaikan soal cerita, siswa sering kali merasa bingung dan tidak dapat menyelesaikannya dengan tepat, kesulitan memahami materi pecahan juga membuat mereka sulit menentukan dan melakukan operasi hitung pecahan. Salah satu alternatif untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa adalah dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan berbantuan media Kahoot. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas V di SD Negeri Mustikajaya VII Bekasi. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, di mana setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumen. Analisis data dilakukan degan menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari tiga komponen yaitu pengelompokkan data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil ketuntasan klasikal pada siklus I adalah sebesar 59,40% dengan nilai rata-rata siswa yaitu 72,6 yang masih di bawah indikator keberhasilan yang ditetapkan sebesar 80% untuk pemahaman konsep matematika. Pada siklus II, terdapat peningkatan dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 87,50% dengan nilai rata-rata siswa yaitu 86,8. Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang ditetapkan adalah 75, dalam penelitian ini siswa dikatakan “Tuntas” dalam belajar jika mencapai nilai ≥ 75. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa adanya model pembelajaran Problem Based Leaning berbantuan media Kahoot dapat meningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas V SD Negeri Mustikajaya VII Bekasi sebesar 28,10%. Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Based Leaning berbantuan Media Kahoot, Pemahaman Konsep Matematika, Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDBudianti, Yudi0424017102
UNSPECIFIEDAziz, Dede Abdul0401059403
Keywords / Kata Kunci: Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Based Leaning berbantuan Media Kahoot, Pemahaman Konsep Matematika, Sekolah Dasar
Subjects: Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan
Faculty: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: ms ANNISA FITRIANI TIARA SARI
Date Deposited: 31 Jul 2024 09:33
Last Modified: 31 Jul 2024 09:33
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/5749

Actions (login required)

View Item View Item