HUBUNGAN PENGETAHUAN SISWA TENTANG PSIKOLOGI PENDIDIKAN DENGAN DISIPLIN IBADAH SHALAT SISWA DI SMAN 1 SETU

Fatmala, Siti (2024) HUBUNGAN PENGETAHUAN SISWA TENTANG PSIKOLOGI PENDIDIKAN DENGAN DISIPLIN IBADAH SHALAT SISWA DI SMAN 1 SETU. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45 Bekasi.

[img] Text
COVER-TURNITIN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (395kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (489kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (451kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (483kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (260kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (269kB)

Abstract

Siti Fatmala. 41182911200011. Hubungan Pengetahuan Siswa Tentang Psikologi Pendidikan Dengan Disiplin Ibadah Shalat Siswa di SMAN 1 Setu. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Universitas Islam 45 Bekasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan siswa tentang psikologi pendidikan dengan disiplin ibadah shalat siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Sampel penelitian terdiri dari 38 siswa di SMAN 1 Setu yang dipilih secara acak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner pada variable disiplin ibadah shalat dan soal pada variable pengetahuan siswa tentang psikologi pendidikan. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik korelasi Pearson. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara pengetahuan siswa tentang psikologi pendidikan dengan disiplin ibadah shalat (r = 0,600 < 0,05). Ini berarti bahwa semakin tinggi tingkat pengetahuan siswa tentang psikologi pendidikan, semakin baik pula disiplin mereka dalam melaksanakan ibadah shalat. Temuan ini menunjukkan bahwa pengetahuan tentang psikologi pendidikan dapat berperan penting dalam meningkatkan kedisiplinan siswa dalam aspek spiritual. Penelitian ini memberikan implikasi bagi pengembangan kurikulum di sekolah yang mengintegrasikan aspek psikologi pendidikan untuk meningkatkan kedisiplinan ibadah siswa. Selain itu, penelitian ini juga membuka peluang bagi studi lebih lanjut mengenai faktor-faktor lain yang mempengaruhi disiplin ibadah shalat.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDMulyadi, Acep0405066803
Keywords / Kata Kunci: Pengetahuan, Psikologi Pendidikan , Disiplin Ibadah Shalat
Subjects: Pendidikan
Pendidikan Agama Islam
Faculty: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Ms. Siti Fatma
Date Deposited: 18 Jul 2024 07:23
Last Modified: 18 Jul 2024 07:23
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/5547

Actions (login required)

View Item View Item