PENGARUH KEBERADAAN SARANA PRASARANA TERHADAP MOTIVASI MENGAJAR GURU DI SMPN SATU ATAP TAMBUN UTARA KABUPATEN BEKASI

Cahnia, Intan (2024) PENGARUH KEBERADAAN SARANA PRASARANA TERHADAP MOTIVASI MENGAJAR GURU DI SMPN SATU ATAP TAMBUN UTARA KABUPATEN BEKASI. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45 Bekasi.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (357kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (472kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (418kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (195kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (321kB)

Abstract

Intan Cahnia, NIM 41182911200043. Pengaruh Keberadaan Sarana Prasarana Terhadap Motivasi Mengajar Guru di SMPN Satu Atap Tambun Utara Kabupaten Bekasi. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Islam 45 Bekasi. Sarana prasarana merupakan elemen penting dalam menunjang proses belajar mengajar yang efektif. Keberadaannya dapat memengaruhi motivasi guru dalam mengajar, yang pada akhirnya berdampak pada kualitas pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh keberadaan sarana prasarana terhadap motivasi mengajar guru. Metode penelitian yang diterapkan adalah menggunakan pendekatan kuantitatif yang menggabungkan pendekatan deskriptif dan korelasi. Populasi penelitian mencakup 30 guru yang ada di sekolah untuk menjadi objek penelitian, sementara sampel penelitian terdiri dari 30 guru yang dipilih melalui teknik sampling jenuh. Data penelitian dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan korelasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara keberadaan sarana prasarana terhadap motivasi mengajar guru. Artinya, semakin baik sarana dan prasarana yang tersedia, semakin tinggi motivasi mengajar guru. Sebaliknya, jika sarana dan prasarana kurang memadai, motivasi mengajar guru juga akan menurun. Dari hasil penelitian, koefisien determinasi ditemukan sebesar 0.398. Hal ini dibuktikan melalui uji determinasi yang menunjukkan nilai signifikansi (Sig.) sebesar sebesar 39,8%, yang menunjukkan bahwa variabel independen (keberadaan sarana prasarana) dapat memberikan kontribusi terhadap variabel dependen (motivasi mengajar guru), sementara 60,2% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci: Sarana prasarana, motivasi mengajar guru, kualitas pendidikan.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDLubis, Rubiyannur0413016001
Keywords / Kata Kunci: Sarana prasarana, motivasi mengajar guru, kualitas pendidikan.
Subjects: Pendidikan
Faculty: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Ms. Intan Cahnia
Date Deposited: 17 Jul 2024 08:15
Last Modified: 17 Jul 2024 08:15
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/5538

Actions (login required)

View Item View Item