MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) SEBAGAI SOLUSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR

Rahmawati, Anissa Dwi (2024) MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) SEBAGAI SOLUSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam "45" Bekasi.

[img] Text
01. Pendahuluan.pdf

Download (861kB)
[img] Text
02. BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text
03. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text
04. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB) | Request a copy
[img] Text
05. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (184kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memeperbaiki dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa sekolah dasar melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Penelitian ini mengguanakan karya tulis ilmiah (KTI) yang ditulis menurut pendapat atau penelitian terdahulu. Berdasarkan hasil observasi dari beberapa peneliti terdahulu menyatakan bahwa masih kurang dan rendahnya hasil belajar matematika siswa di sekolah dasar, yang dimana dapat dilihat dari hasil belajar matematika siswa yang masih dibawah nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang seharusnya sudah ditentukan oleh pihak sekolah. Dan juga masih adanya penggunaan metode konvensional, yang membuat siswa tidak menyukai terhadap pelajaran tersebut. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Togheter (NHT). Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Togheter (NHT) merupakan pembelajaran Matematika yang mengacu pada belajar berkelompok dengan menggunakan numbering (penomoran) serta memberikan kesempatan siswa untuk berbagi pendapat. Langkah-langkah yang dilakukan dalam Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Togheter (NHT) adalah sebagai berikut : 1) guru membagi kelas menjadi kelompok kecil, 2) guru mengajukan pertanyaan dengan membuat soal media flash card, 3) siswa berdiskusi untuk menjawab pertanyaan, 4) guru memanggil siswa yang bernomor sama pada masing-masing kelompok, 5) guru mengembangkan hasil diskusi dan siswa dapat menemukan jawaban yang utuh.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDAningsih, Aningsih04-060182-02
UNSPECIFIEDArrahim, Arrahim04-190389-01
Keywords / Kata Kunci: MODEL PEMBELAJARAN NHT, HASIL BELAJAR, MATEMATIKA, SEKOLAH DASAR
Subjects: Pendidikan
Faculty: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: ms ANISSA DWI RAHMAWATI
Date Deposited: 11 Jul 2024 09:31
Last Modified: 11 Jul 2024 09:31
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/5507

Actions (login required)

View Item View Item