PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS III SDIT AL-IKHWAN JAKARTA UTARA

Imani, Lisa Amaliah (2024) PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS III SDIT AL-IKHWAN JAKARTA UTARA. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45 Bekasi.

[img] Text
01. PENDAHULUAN.pdf

Download (537kB)
[img] Text
02. BAB I.pdf

Download (222kB)
[img] Text
03. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text
04. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB) | Request a copy
[img] Text
05. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB) | Request a copy
[img] Text
06. BAB V.pdf

Download (159kB)
[img] Text
07. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan model pembelajaran yang bervariasi pada saat belajar IPA pada jenjang sekolah dasar (SD) sehingga siswa mudah jenuh dan merasa bosan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan model quantum teaching dan model pembelajaran langsung berbantuan media gambar terhadap pemahaman konsep pada mata pelajaran IPA siswa kelas III SDIT Al-Ikhwan Jakarta Utara. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian yaitu quasi eksperimental. Penelitian ini menggunakan kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II yang mana kelas eksperimen I diperlakukan menggunakan model quantum teaching dan kelas eksperimen II menggunakan model pembelajaran langsung berbantuan media gambar. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Normalitas. Uji Homogenitas, Uji Hipotesis dan uji N-Gain dengan menggunakan bantuan aplikasi pengolah data yaitu IBM Statistic SPSS version 29. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran IPA kelas III A SDIT Al-Ikhwan dengan menggunakan model quantum teaching pada kelas eksperimen I rata ratanya adalah 88,2. Di mana rata-rata hasil sebelum dilaksanakan pembelajaran adalah 78,2. Sehingga terjadi peningkatan hasil rata- rata sebesar 9,4. 2) pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran IPA kelas III B SDIT Al-Ikhwan menggunakan model pembelajaran langsung berbantuan media gambar pada kelas eksperimen II rata ratanya adalah 77,8. Di mana rata-rata hasil sebelum dilaksanakan pembelajaran adalah 71,4. Sehingga terjadi peningkatan hasil rata- rata sebesar 6,4. 3) Terdapat perbedaan model quantum teaching dan model pembelajaran langsung berbantuan media gambar terhadap pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran IPA dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar < 0,001 lebih kecil dari (<) 0,05. Kata Kunci : Model Quantum Teaching, Pemahaman Konsep

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDAningsih, Aningsih0409089001
UNSPECIFIEDMujiani, Dwi Safitri0423087904
Keywords / Kata Kunci: Kata Kunci : Model Quantum Teaching, Pemahaman Konsep
Subjects: Eksperimen
Pendidikan
Faculty: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: ms lisa amaliah imani
Date Deposited: 10 Jul 2024 09:35
Last Modified: 10 Jul 2024 09:35
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/5489

Actions (login required)

View Item View Item