Delia, Shinta (2022) Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Sekolah Dasar. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam "45" Bekasi.
Text
1. Pendahuluan.pdf Download (503kB) |
|
Text
2. BAB I.pdf Download (112kB) |
|
Text
3. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (138kB) | Request a copy |
|
Text
4. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (107kB) | Request a copy |
|
Text
5. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (315kB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB V.pdf Download (14kB) |
|
Text
7. Daftar Pustaka.pdf Download (130kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi masalah rendahnya hasil belajar IPA siswa di sekolah dasar, yang dimana pencapaian hasil belajar siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditentukan. Berdasarkan penelitian jurnal sebelumnya model Problem Based Learning menjadi solusi dalam mengatasi masalah tersebut. Tujuan penelitian ini untuk melihat gambaran penggunaan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar IPA pada siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Systematic Literatur Review. Penelitian ini dilakukan dengan cara mengumpulkan data berupa identifikasi masalah, pencarian data, screening, ekstrasi dan review. Artikel penelitian yang digunakan memiliki kriteria yaitu dipublikasikan 5 tahun terakhir (2016-2021) dengan membahas model Problem Based Learning terhadap hasil belajar IPA pada siswa sekolah dasar. Berdasarkan 20 artikel ilmiah yang sesuai dengan kriteria, model Problem Based Learning terbukti dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa sekolah dasar. Dengan model Problem Based Learning bertujuan untuk memperbaiki hasil belajar IPA pada siswa sekolah dasar yang proses pembelajaran menjadi student center sehingga siswa aktif, kritis dan mampu mengaitkan pembelajaran dengan kehidupan nyata siswa sehingga menjadikan pembelajaran yang lebih bermakna Adapun permainan sederhana yang dapat digunakan dalam penerapan model Problem Based Learning pada langkah mengorganisasikan siswa untuk meneliti adalah permainan puzzle gambar, karena dengan permainan ini pembagian kelompok akan lebih menarik dan lebih bervariatif sehingga pembagian kelompok menjadi tidak monoton. Kata kunci : Model Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar IPA, Siswa Sekolah Dasar
Item Type: | Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1)) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi: |
|
|||||||||
Keywords / Kata Kunci: | Model Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar IPA, Siswa Sekolah Dasar | |||||||||
Subjects: | Deskriptif | |||||||||
Faculty: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | |||||||||
Depositing User: | Users 16 not found. | |||||||||
Date Deposited: | 11 Aug 2022 07:57 | |||||||||
Last Modified: | 11 Aug 2022 07:57 | |||||||||
URI: | http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/513 |
Actions (login required)
View Item |