Zuhrihat, Isnaeni (2022) Metode Show and Tell Terhadap Keterampilan Berbicara Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam "45" Bekasi.
Text
PENDAHULUAN_512_Isnaeni Zuhrihat.pdf Download (811kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (133kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (330kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (310kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Download (80kB) |
|
Text
DAPUS.pdf Download (97kB) |
Abstract
Keterampilan berbicara sangat penting untuk dipelajari oleh siswa Sekolah Dasar. Karena manusia tidak terlepas dari komunikasi dalam kehidupan sehari-hari, dan komunikasi akan tersampaikan atau terjalin dengan baik jika pesan yang ingin disampaikan mudah dimengerti. Namun permasalahan yang sering terjadi adalah kurangnya minat siswa dalam berbicara sehingga siswa menjadi kurang terlatih dalam berbicara hal ini menyebabkan siswa yang kurang berani dan tidak percaya diri untuk tampil di depan teman kelasnya. Dengan dilakukannya penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penggunaan metode pembelajaran show and tell terhadap keterampilan berbicara pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dari14 jurnal yang berasal dari database google schoolar yang sesuai dengan kriteria inklusi yaitu, variabel X (metode pembelajaran show and tell ) dan variabel Y (keterampilan berbicara) dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan subjek siswa Sekolah Dasar, jurnal yang dipublikasikan 9 tahun terakhir (2013-2022) serta sumber data yang berasal dari artikel ilmiah yang berada pada jurnal metode pembelajaran show and tell terbukti dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa Sekolah Dasar. Dengan tujuan metode pembelajaran show and tell bertujuan untuk memperbaiki keterampilan berbicara siswa Sekolah Dasar yang memudahkan siswa untuk menjelaskan ide atau gagasan pikirannya dengan berbantuan sebuah benda. Adapun rekomendasi yang dapat digunakan sebagai aspek pendukung dalam menerapkan metode ini yaitu dengan permainan ‘’Kata Kunci’’ yang dilakukan secara berkelompok sehingga pembelajaran lebih menarik. Kata Kunci : metode pembelajaran show and tell, keterampilan berbicara, siswa Sekolah Dasar
Item Type: | Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1)) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi: |
|
|||||||||
Keywords / Kata Kunci: | metode pembelajaran show and tell, keterampilan berbicara, siswa Sekolah Dasar | |||||||||
Subjects: | Deskriptif | |||||||||
Faculty: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | |||||||||
Depositing User: | Users 16 not found. | |||||||||
Date Deposited: | 11 Aug 2022 09:08 | |||||||||
Last Modified: | 11 Aug 2022 09:08 | |||||||||
URI: | http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/512 |
Actions (login required)
View Item |