Pengaruh Metode Ceramah Berbantuan Crossword Puzzel Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas IV SDN Perwira 1 Kota Bekasi Utara

Putri, Vika Arachma (2024) Pengaruh Metode Ceramah Berbantuan Crossword Puzzel Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas IV SDN Perwira 1 Kota Bekasi Utara. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45 Bekasi.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (694kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (119kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (151kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran pendidikan kewarganegaraan, Hal ini yang pada akhirnya mempengaruhi hasil belajar siswa dikarenakan sekolah tersebut belum menggunakan metode ceramah berbantu crossword puzzel di SDN Perwira 1 Kota Bekasi Utara. Dengan menggunakan metode ceramah berbantuan crossword puzzel mewujudkan pembelajaran yang aktif dan melatih ketelitian siswa sehingga hasil belajar meningkat. Penelitian ini bersifat eksperimental (kuantitatif), Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain quasi eksperimental. Terdapat perbedaan antara kelas eksperimen nilai rata-rata pada pre-test 63,75 dan post-test 95,00. Terdapat perbedaan dalam pengaruhnya sebelum menggunakan metode ceramah berbantuan crossword puzzel dan sesudah menggunakan metode ceramah berbantuan crossword puzzel. Terdapat perbedaan antara kelas kontrol nilai rata-rata pret-test 52,82 dan post-test 67,39. Terdapat perbedaan sebelum menungganakan metode ceramah dan sesudah menggunakan metode ceramah.1) terdapat pengaruh terhadap pembelajaran siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan siswa kelas IV SDN Perwira 1 Kota Bekasi Utara. Dengan menggunakan metode ceramah berbantuan crossword puzzel kelas eksperimen rata-rata nya adalah 95,00. Dimana rata-rata sebelum dilaksanakan pembelajaran 63,75. Dengan hasil rata-rata sebesar 31,25 2) Terdapat pengaruh dalam mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan siswa kelas IV SDN Perwira 1 Kota Bekasi Utara. Dengan menggunakan metode ceramah kelas kontrol rata-ratanya adalah 67,39. dimana rata-rata sebelum dilaksankan pembelajaran 52,82. hasil rata-rata sebesar 14,57. 3) Berdasarkan hasil analisis hipotesis uji-t diperoleh sebesar ( 5.420 > 1,72 ) pada taraf signifikan α 0,05 .Oleh karena itu thitung ttabel maka dapat disimpulkan bahwa Ho di tolak dan HI diterima. Jadi terdapat pengaruh dalam pembelajaran siswa yang signifikan, dimana terdapat pengaruh yang di ajarkan menggunakan media berbantuan crossword puzzel lebih tinggi dari pada metode ceramah siswa kelas IV SDN Perwira 1 Kota Bekasi Utara. Kata Kunci : pengaruh metode ceramah berbantuan crossword puzzel, pendidikan kewarganegaraan

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDAmin, Amin0414037001
UNSPECIFIEDAzis, Dede Abdul0401059403
Keywords / Kata Kunci: Kata Kunci : pengaruh metode ceramah berbantuan crossword puzzel, pendidikan kewarganegaraan
Subjects: Eksperimen
Pendidikan
Faculty: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Ms. Vika Arachma
Date Deposited: 15 Feb 2024 07:03
Last Modified: 15 Feb 2024 07:03
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/4930

Actions (login required)

View Item View Item