Nazriyah, Nazriyah (2023) IMPLEMENTASI METODE PELAJARAN THTQ UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENGHAFAL AL-QUR’AN SDIT BINA INSANI MUSLIM. Sarjana (S1) thesis, Universitas 45 Bekasi.
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (885kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (740kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Download (478kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Perbedaan target bacaan Al-Qur’an menjadi hal yang penting untuk diselaraskan. Membaca Al-Qur’an menjadi tradisi atau kebiasaan yang terapkan pada zaman orang tua dahulu. Sumber hukum islam yang diantaranya adalah Al-Qur’an menjadi pencapaian khusus bagi peserta didik bangku Sekolah Dasar. Beragamnya mengkaji ilmu tersebut memiliki banyak tahapan diantaranya perlu mengenal redaksi bacaannya, memahami konteks kaidah tajwidnya dan menyesuaikan riwayat membaca imamnya. Memperbaiki bacaan hingga hafalan Al-Qur’an membutuhkan guru profesional yang linier dengan pembelajarannya. Merujuk pada penelitian sebelumnya, keterampilan membaca Al-Qur’an dapat meningkatkan kecerdasan spritual peserta didik. Menyampaikan pesan yang terdapat didalam surah Al-Qur’an memberikan bentuk psikomotorik dalam bercerita. Dalam kegiatan pembelajaran yang diterapkan di SDIT Bina Insani Muslim terdapat perbedaan dalam segi metode, yaitu tidak menekankan peserta didik dalam mengahafal Al-Qur’an tetapi diberikan kebebasan dalam memfashihkan bacaan. Keterkaitan peserta didik dan guru memberikan komunikatif seputar kaidah, hukum Al-Qur’an. Terbukti dengan adanya bentuk apresiasi wisuda Al-Qur’an di Sekolah tersebut ada yang mencapai target 5 Juz dalam 2 Tahun pembelajaran THTQ. Hasil pelaksanaan penelitian di SDIT Bina Insani Muslim pada metode pelajaran THTQ dinyatakan terdapat temuan metode khusus. Terdapat metode Talaqqi, Iqra dan Sorogan hafalan atau bacaan. Bentuk motivasi dan bahan dorongan positif mengaji Al-Qur’an peserta didik berasal dari Orang tua dan dukungan lingkungan pendidikan. Keberhasilan ini diakui oleh lomba MHQ Al-Qur’an 5 Juz di Masjid Raya Jatimulya pada Tahun 2023.
Item Type: | Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1)) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi: |
|
||||||
Keywords / Kata Kunci: | Kata Kunci: Tahsin, Tafizh, Pembelajaran, Keterampilan, Al-Qur’an. | ||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan Agama Islam |
||||||
Depositing User: | Ms. Nazriyah Nazriyah | ||||||
Date Deposited: | 29 Sep 2023 07:22 | ||||||
Last Modified: | 29 Sep 2023 07:22 | ||||||
URI: | http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/4107 |
Actions (login required)
View Item |