MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH SEBAGAI SOLUSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN DI SEKOLAH DASAR

Astuti, Apriani Tri (2023) MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH SEBAGAI SOLUSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN DI SEKOLAH DASAR. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam “45” Bekasi.

[img] Text
PENDAHULUAN APRI .pdf

Download (569kB)
[img] Text
BAB 1 Apri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2 Apri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3 Apri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA APRI.pdf

Download (60kB)

Abstract

Karya Tulis Ilmiah ini berjudul “Model Pembelajaran Make a Match Sebagai Solusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn di Sekolah Dasar”. Mata pelajaran PKn di sekolah dasar berisi bahan pelajaran yang ditekankan pada pengalaman dan pembiasaaan dalam kehidupan sehari-hari yang di tunjang oleh pengetahuan dan pengertian sederhanan sebagai bekal untuk mengikut pendidikan berikutnya. Adapun pembelajaran PKn pada tingkat Sekolah Dasar bertujuan untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, mandiri, menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab, berfikir secara kritis, rasional, kreatif dalam menanggapi situasi, dan bertindak secara sadar dalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Namun pada kenyataannya pelaksanaan proses pembalajaran PKn di Sekolah dasar banyak ditemukan permasalahan yaitu guru masih menggunakan metode pembelajaran yang relative monoton, siswa masih banyak yang mengalami kesulitan dalam memahami materi pembelajaran, suasana kelas yang kaku, media pembelajaran yang kurang mendukung, pengorganisasian siswa yang belum optimal dan penggunaan metode yang kurang tepat merupakan faktor-faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu upaya yang dapat membantu siswa untuk meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran PKn adalah dengan menerapkan model Pembelajaran Make a Match. Model Pembelajaran Make a Match adalah suatu teknik pembelajaran yang melibatkan peserta didik dalam mencari pasangan soal atau jawaban yang tepat agar memperoleh poin, dalam kurun waktu yang telah dibataskan serta peserta didik sambil belajar mengenai suatu konsep dalam suasana yang menyenagkan. Dengan menggunakan model pembelajaran Make a Match siswa diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar PKn Dan juga guru dapat mengembangkan metode pembelajaran yang lebih menyenangkan agar siswa dapat belajar dengan semangat dan termotivasi dalam belajar serta siswa juga dapat berperan aktif didalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDBudianti, Yudi0424017102
UNSPECIFIEDSugiharti, Rini Endah0411097804
Keywords / Kata Kunci: Make a Match, Hasil Belajar, Pendidikan Kewarganegaraan
Subjects: Pendidikan
Faculty: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: ms apriani tri astuti
Date Deposited: 29 Aug 2023 04:01
Last Modified: 29 Aug 2023 04:01
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/3979

Actions (login required)

View Item View Item