MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) SOLUSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA SEKOLAH DASAR

Lestari, Tutu (2023) MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) SOLUSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA SEKOLAH DASAR. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam ''45'' Bekasi.

[img] Text
PENDAHULUAN Tutu (1).pdf

Download (771kB)
[img] Text
BAB 1 Tutu.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2 Tutu.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3 Tutu.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka Tutu.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB) | Request a copy

Abstract

Karya Tulis Ilmiah ini berlatar belakangkan berdasarkan pembelajaran IPS yang belum optimal. Siswa hanya mendengarkan dan mencatat penjelasan dari guru. Siswa cenderung pasif, meskipun ada materi yang belum jelas baginya. Hal itu terjadi karena sebagian siswa tidak memperhatikan saat pembelajaran. Pembelajaran masih bersifat teacher centered bukan student centered. Guru juga belum menerapkan berbagai model pembelajaran. Alasan utamanya karena dengan metode konvensional yang biasa digunakan oleh guru selama ini, akan mempermudah dalam proses pembelajaran. Penerapan model pembelajaran yang belum optimal mengakibatkan siswa menjadi bosan. Siswa hanya diberikan buku teks pelajaran yang berisi bermacam-macam materi untuk dipelajari tanpa menggunakan metode dan model pembelajaran yang merangsang siswa aktif dan tertarik untuk mengikuti pelajaran, terutama pada mata pelajaran IPS yang cakupan materinya sangat luas. Model pembelajaran two stay two stray (dua tamu dua tinggal) merupakan suatu model pembelajaran dimana siswa belajar memecahkan masalah bersama anggota kelompoknya, kemudian dua siswa dari kelompok tersebut bertukar informasi ke dua anggota kelompok lain yang tinggal. Dalam model pembelajaran two stay two stray (Dua Tamu Dua Tinggal), siswa dituntut untuk memiliki tanggung jawab dan aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.Untuk menggunakan metode TSTS (Two Stay Two Stray) berikut langkah-langkah : Dua orang yang tinggal dalam kelompok bertugas membagikan hasil kerja dan informasi mereka ketamu mereka. Dua orang yang bertugas sebagai tamu diwajibkan bertamu kepada semua kelompok. Jika mereka telah usai menunaikan tugasnya, mereka kembali kekelompoknya masing-masing. Prediksi hasil dengan menggunakan metode Two Stay Two Stray (TSTS) maka yang diharapkan dari siswa adalah (1) Implementasi model TSTS, (2) Membuat belajar menjadi bermakna , (3) siswa dapat menyelesaikan pemecahan masalah dalam suatu materi dengan cara berdiskusi dan lebih aktif ,(4) meningkatkan motivasi belajar,(5) Hasil belajar dan daya ingat,(6) meningkatnya kreatifitas siswa, (7)Melatih berpikir kritis,(8) Memudahkan guru menginformasikan materi. Agar dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan metode Two Stay Two Stray (TSTS)

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDBudianti, Yudi0424017102
UNSPECIFIEDSugiharti, Rini Endah0411097804
Keywords / Kata Kunci: Two stay two stray (TSTS), Hasil belajar, IPS
Subjects: Pendidikan
Faculty: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: ms tutu lestari
Date Deposited: 14 Aug 2023 07:36
Last Modified: 14 Aug 2023 07:36
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/3498

Actions (login required)

View Item View Item