UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLING SEPAKBOLA MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS V SD IT AL MUDDATSIRIYAH

Rizal, Moh. (2023) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLING SEPAKBOLA MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS V SD IT AL MUDDATSIRIYAH. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam "45" Bekasi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (692kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (369kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (17kB)

Abstract

ABSTRAK Moh. Rizal, NPM: 41182191180079, “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Dribbling Melalui Pendekatan Bermain Pada Siswa Kelas V SD IT Al Muddatsiriyah” Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Islam “45” Bekasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar dribbling permainan sepakbola pada siswa kelas V.c SD IT Al Muddatsiriyah. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research), sedangkan subyek dalam penelitian ini adalah, siswa kelas kelas V.C SD IT Al Muddatsiriyah yang berjumlah 30 orang. Hasil penelitian telihat peningkatan hasil belajar dribbling sepakbola, obervasi awal menunjukkan hanya 14 orang (47%) siswa yang mencapai nilai KKM. Pada siklus 1 terdapat peningkatan yang cukup signifikan hasil menunjukkan 19 orang siswa (63%) siswa yang mencapai nilai KKM. Sedangkan pada siklus 2 didapat hasil 26 orang siswa (87%) siswa yang mencapai nilai KKM Pada siklus 2 hasil yang dicapai telah sesuai dengan apa yang di targetnya yaitu 75% siswa telah mencapai nilai KKM, dalam hal ini 87% siswa telah mencapai nilai KKM, sehingga tidak dilanjutkan pada siklus III. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa ada peningkatan partisipasi siswa di kegiatan pembelajaran dribbling sepakbola dengan pendekatan bermain dalam dua siklus, dari hasil pengamatan oleh kolaborator. Terbukti dengan siswa sudah baik dalam berpartisipasi secara aktif. Hampir seluruh siswa bergerak dan berpartisipasi secara aktif. Pembelajaran dribbling sepakbola dengan pendekatan bermain sudah mampu mendorong kreatifitas siswa untuk beraktivitas selama pembelajaran. Selanjutnya penulis menyarankan pertama, saran dan prasarana pembelajaran supaya dilengkapi, sehingga guru dapat mengajar dengan baik dan siswa dapat menerima materi dengan optimal; kedua, dalam pembelajaran permainan khususnya permainan dengan bola besar, sebaiknya guru mampu menerapkan metode pembelajaran yang inovatif yang disesuaikan dengan karakteristik siswa. Guru juga harus mengerti situasi dan kondisi siswa sehingga dalam pembelajaran semua siswa merasa senang dan gembira.. Kata Kunci: Hasil Belajar, Dribbling, Pendekatan Bermain, dan Sepakbola

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDAbidin, Dindin0430036902
Keywords / Kata Kunci: Hasil Belajar, Dribbling, Pendekatan Bermain, dan Sepakbola
Subjects: Pendidikan Olahraga
Faculty: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi S1
Depositing User: Mr. Moh Rizal
Date Deposited: 14 Feb 2023 03:01
Last Modified: 14 Feb 2023 03:01
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/2281

Actions (login required)

View Item View Item