Implementasi Program Pendidikan Kesetaraan Pondok Pesantren Salafiyah Di Pondok Pesantren Al-Istighotsah Setu Kabupaten Bekasi

Rosyid, Abdul (2021) Implementasi Program Pendidikan Kesetaraan Pondok Pesantren Salafiyah Di Pondok Pesantren Al-Istighotsah Setu Kabupaten Bekasi. Magister (S2) thesis, Universitas Islam "45" Bekasi.

[img] Text
PENDAHULUANS.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (604kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (828kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (507kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (927kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (171kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (183kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi kebijakan programpendidikan kesetaraan pada pondok pesantren salafiyah dan faktor-faktor yangmempengaruhi pengimplementasian kebijakan ini. Landasan dari pengimplementasiankebijakan program pendidikan kesetaraan pada pondok pesantren salafiyah di pesantrenAl-Istighotsah Setu Kabupaten Bekasi adalah Surat Kesepakatan Bersama MenteriPendidikan Nasional dan Menteri Agama RI Nomor I/U/KB/2000 dan Nomor MA/86/2000tentang Pondok Pesantren Salafiyah sebagai Pola Wajib Belajar Pendidikan Dasar 9 Tahun. Dalam penelitian ini terdapat dua identifikasi masalah yaitu: (1) Bagaimana implementasi kebijakan program pendidikan kesetaraan pada pondok pesantren salafiyah di pesantrenAl-Istighotsah Setu Kabupaten Bekasi? (2) Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi belum efektifnya implementasi kebijakan program pendidikan kesetaraan pada pondok pesantren salafiyah di pesantren Al-Istighotsah Setu Kabupaten Bekasi? (3) Hambatan-hambatan apa saja yang dihadapi dalam implementasi kebijakan program pendidikan kesetaraan pada pondok pesantren salafiyah di pesantren Al-Istighotsah Setu KabupatenBekasi? Adapun pendekatan penelitian yang digunakan kuaiitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah dengan wawancara, observasi dan studi dokumen sedangkan sumber data yang digunakan berasal dari data primer dan sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kebijakan program pendidikan kesetaraan pada pondok pesantren salafiyah di pesantren Al-Istighotsah Setu Kabupaten Bekasi yang diatur dalam Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 3543Tahun 2018 Tentang Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan Pada Pondok Pesantren Salafiyah belum mampu diterapkan secara efektif karena tujuan kebijakan ini belum bisa tercapai. Terbukti dari hasil keikutsertaan pesantren Al-Istighotsah Setu Kabupaten Bekasi terhadap akreditasi oleh BAN PAUD PNF (Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non Formal) mendapatkan predikat C dengan junılah santri yang tak lebih dari 10-15 di setiap jenjangkelas Wustho. Kedua dari segi sumber daya manusia dan finansialnya. Ketiga, struktur birokrasi internal terkait penyelenggaraan program PK PPS di pesantren Al-Istighotsah masih kurang maksimal karena masih bersifat sentralistik. Terbukti yang masih berperan aktif sepenuhnya didominasi oleh Pimpinan Pesantren dan Kepala PK PPS terkait tugaspokok dan fungsi terhadap penyelenggaraan program PK PPS. Padahal guru yang dimiliki pesantren Al-Istighotsah dengan jumlah lebih dari 20 orang bisa diiibatkan dalam struktural keorganisasian pesantren agar pelaksanaan program PKPPS di pesantren Al-Istighotsah bisa terimplementasikan dengan sebaik-baiknya. Keywords: Implementasi, Pendidikan Kesetaraan, Pesantren Salafiyah

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Magister (S2))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
Thesis advisorHermanto, HermantoUNSPECIFIED
Thesis advisorHaryono, PauzanUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Sumber Daya Manusia
Manajemen
Pendidikan Agama Islam
Faculty: Sekolah Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam S2
Depositing User: Mr. Abdul Rosyid
Date Deposited: 05 Jan 2023 07:45
Last Modified: 05 Jan 2023 07:45
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/1824

Actions (login required)

View Item View Item