KEGIATAN PENDIDIKAN NONFORMAL KOMUNITAS DAI MUDA CORPS DOMPET DHUAFA DALAM MENGEMBANGKAN TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR'AN USWATUN HASANAH DI BEKASI

FATMAWATI, GITA (2021) KEGIATAN PENDIDIKAN NONFORMAL KOMUNITAS DAI MUDA CORPS DOMPET DHUAFA DALAM MENGEMBANGKAN TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR'AN USWATUN HASANAH DI BEKASI. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam “45” Bekasi.

[img] Text
1. Pendahuluan .pdf

Download (467kB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (124kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf

Download (355kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf

Download (88kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf

Download (413kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf

Download (92kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang paling mendasar, hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Pendidikan anak merupakan suatu proses pendidikan yang harus ditempuh sesuai dengan usia dan kemampuan yang dimiliki setiap individu. Pendidikan yang terjadi dalam suatu lingkungan masyarakat pastilah memerlukan bantuan serta bentuk partisipasi dari masyarakat sekitar lingkungan pendidikan. Kemudian, tujuan dan manfaat penulisan ini adalah untuk mengetahui antara idealisme teori dan realitas tentang partisipasi masyarakat dalam pengembangan pendidikan anak di TPA Binaan Dai Muda Corps Dompet Dhuafa Bekasi yaitu Uswatun Hasanah. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif, lokasi penelitian adalah TPA Binaan Dai Muda Corps Dompet Dhuafa Bekasi yaitu Uswatun Hasanah, subjek penelitian adalah Ketua Dai Muda Corps Dompet Dhuafa, Penanggungjawab dan pengeloloa TPA Binaan Dai Muda Corps Dompet Dhuafa Bekasi yaitu Uswatun Hasanah, anggota Dai Muda sekaligus ustadz/ustadzah TPA Binaan Dai Muda Corps Dompet Dhuafa Bekasi yaitu Uswatun Hasanah, wali santri dan tokoh masyarakat. Objek penelitian berupa partisipasi masyarakat dalam pengembangan pendidikan anak. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis datanya menggunakan tiga langkah yakni reduksi data atau merangkum dengan memfokuskan pada hal-hal yang penting untuk menentukan tema dan membuang yang tidak diperlukan. Kedua, yakni penyajian data atau display data dilakukan dalam bentuk narasi dan langkah terakhir adalah penarikan kesimpulan atau conclusion drawing. Hasil dari penelitian berupa kegiatan pendidikan Al-Qur’an dalam pengembangan pendidikan anak di TPA Binaan Dai Muda Corps Dompet Dhuafa Bekasi yaitu Uswatun Hasanah, sudah berjalan sesuai dengan kemampuan masing-masing individu. Hal ini dapat dilihat dari berbagai bentuk respon dan tanggapan yang diberikan oleh masyarakat sekitar lingkungan TPA Binaan Dai Muda Corps Dompet Dhuafa Bekasi yaitu Uswatun Hasanah. Hanya saja memang masih banyak santri yang belum mengalami perkembangan akibat kurang seriusnya santri dalam belajar di TPA Binaan Dai Muda Corps Dompet Dhuafa Bekasi yaitu Uswatun Hasanah. partisipasi masyarakat yang diberikan dalam pengembangan pendidikan anak dan manajemen TPA Dalam pelaksanaan perkembangannya ini ternyata sudah berlangsung sejak awal mula TPA Binaan Dai Muda Cordofa berdiri dan masih berlangsung hingga sekarang. Kata kunci: Pendidikan, Pengembangan, Taman Pendidikan Al Qur’an

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDAsiah, Siti2020067401
Keywords / Kata Kunci: Kata kunci: Pendidikan, Pengembangan, Taman Pendidikan Al Qur’an
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Faculty: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Ms. Gita Fatmawati
Date Deposited: 23 Dec 2022 09:55
Last Modified: 23 Dec 2022 09:55
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/1779

Actions (login required)

View Item View Item