Pendidikan Karakter Dalam Kitab Jawi Adabul Insan Dan Relevansinya Di Era 4.0

Ramadhania, Rafikha Desta (2022) Pendidikan Karakter Dalam Kitab Jawi Adabul Insan Dan Relevansinya Di Era 4.0. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam “45” Bekasi.

[img] Text
01. PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (399kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB) | Request a copy
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB) | Request a copy
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (463kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (128kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (175kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui konsep pendidikan karakter dalam kitab jawi Adabul Insan dan relevansinya di era 4.0. Penelitian ini dilatarbelakangi karena maraknya pergaulan yang tidak adanya aturan seperti tidak hormat dengan guru, pergaulan bebas, menonton video yang tidak senonoh, dan lain sebagainya. Kitab jawi Adabul Insan merupakan salah satu kitab yang di dalamnya terdapat berbagai macam konsep yang menjelaskan tentang pendidikan karakter, sehingga kitab ini bisa menjadi sumber kajian untuk menggali hal tersebut. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana profil Sayyid Utsman bin Abdullah bin Aqil bin Yahya? 2) Bagaimana latar belakang penulisan kitab jawi Adabul Insan? 3) Bagaimana pendidikan karakter di kitab jawi Adabul Insan? 4) Seperti apa relevansi pendidikan karakter Adabul Insan di Era 4.0?. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library Research) dengan memanfaatkan kepustakaan dalam memperoleh data. Serta menggunakan metode analisis isi (content analysis). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, Sayyid Utsman bin Abdullah bin Aqil bin Yahya dalam kitabnya Adabul Insan ini menjelaskan komponen-komponen pendidikan karakter yakni, menumbuhkan fondasi ketakwaannya, kecerdasan yang sempurna yakni pikiran yang baik, dari ajaran guru yang ajarannya benar dalam kitab-kitab mu‘tamad dan buku-buku yang dipercaya, dari bercampurnya dengan orang baik sampai dia bisa berperilaku sendiri, dan dari ilmu yang ia cari. Pendidikan karakter di kitab Adabul Insan juga masih relevan di era 4.0 ini, keterkaitan tersebut untuk menyiapkan peserta didik dalam menghadapi dinamika perubahan di masa depan.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDIrham, Irham04-060586-02
Keywords / Kata Kunci: Pendidikan karakter, karakter, kitab Adabul Insan
Subjects: Etika
Pendidikan Agama Islam
Faculty: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Mr. Rafikha Desta
Date Deposited: 25 Nov 2022 08:20
Last Modified: 25 Nov 2022 08:20
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/1553

Actions (login required)

View Item View Item