NURZAHIDIN, IMAM (2022) PENERAPAN PEMBELAJARAN AL QUR’AN DENGAN METODE YANBUA DI MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN ATTAQWA PUTRA KAB. BEKASI. Magister (S2) thesis, Universitas Islam "45" Bekasi.
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Madrasah Tsanawiyah Attaqwa Putra Bekasi dalam pembelajaran Al Qur’an menggunakan metode Yanbu`a sebagai mata pelajaran wajib dan sebagai program unggulan sehingga menghasilkan peserta didik yang memiliki kompetensi membaca Al Qur’an secara baik dan benar dibandingkan sekolah dasar/madrasah lainnya yang berada di daerah Bekasi. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan dan menganalisis perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran Al Qur’an melalui metode Yanbu`a di Madrasah Tsanawiyah Attaqwa Putra Bekasi Bekasi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif. Informan penelitian ini adalah kepala madrasah Tsanawiyah, wakil kepala madrasah Tsanawiyah, koordinator Yanbu`a, guru Yanbu`a dan peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Analisis data menggunakan analisis secara kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Temuan dari penelitian ini adalah: (1) perencanaan pembelajaran Al Qur’an melalui metode Yanbu`a meliputi penyiapan sumber daya guru, materi pembelajaran, dan perangkat pembelajaran; (2) Pelaksanaan pembelajaran Al Qur’an melalui metode Yanbu`a dilakukan dengan dua pendekatan setiap pertemuannya yaitu pendekatan klasikal dan individual; dan (3) Evaluasi pembelajaran Al Qur’an melalui metode Yanbu`a terdiri dari evaluasi proses pembelajaran dan evaluasi hasil pembelajaran. Evaluasi proses pembelajaran dilakukan dengan cara monitoring dan evaluasi kinerja guru. Evaluasi hasil pembelajaran meliputi tiga penilaian, yaitu: pre test, penilaian harian, kenaikan jilid, pra-imtihan, dan imtihan nihaiy. Kata kunci: Pembelajaran Al Qur’an, Metode Yanbu`a, Madrasah Tsanawiyah, Pondok Pesantren
Item Type: | Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Magister (S2)) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi: |
|
|||||||||
Keywords / Kata Kunci: | Pembelajaran Al Qur’an, Metode Yanbu`a, Madrasah Tsanawiyah, Pondok Pesantren | |||||||||
Subjects: | Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Faculty: | Sekolah Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam S2 | |||||||||
Depositing User: | Mr. Imam Nurzahidin | |||||||||
Date Deposited: | 11 Oct 2022 02:27 | |||||||||
Last Modified: | 11 Oct 2022 02:27 | |||||||||
URI: | http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/1332 |
Actions (login required)
View Item |