PENGARUH METODE PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR AGAMA ISLAM PADA MATERI SURAT AL-FIIL KELAS IV SDN GANDAMEKAR 01 CIKARANG BARAT-BEKASI

SURYANI, MEGA (2022) PENGARUH METODE PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR AGAMA ISLAM PADA MATERI SURAT AL-FIIL KELAS IV SDN GANDAMEKAR 01 CIKARANG BARAT-BEKASI. Sarjana (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM “45” BEKASI.

[img] Text
SKRIPSI_PENDAHULUAN_MEGA S_PAI.pdf

Download (400kB)
[img] Text
SKRIPSI_BAB I_MEGA S_PAI.pdf

Download (211kB)
[img] Text
SKRIPSI_BAB II_ MEGA S_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB) | Request a copy
[img] Text
SKRIPSI_BAB III_MEGA S_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB) | Request a copy
[img] Text
SKRIPSI_BAB IV_MEGA S_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB) | Request a copy
[img] Text
SKRIPSI_BAB V_MEGA S_PAI.pdf

Download (83kB)
[img] Text
SKRIPSI_DAFTAR PUSTAKA_MEGA S_PAI.pdf

Download (97kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kebiasaan belajar menggunakan metode picture and picture. Untuk mengetahui hasil belajar agama Islam. Untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode picture and picture terhadap peningkatan hasil belajar agama Islam materi surat Al-Fiil pada siswa kelas IV di SDN Gandamekar 01 Cikarang Barat. Jenis penelitian yang dilakukan peneliti adalah penelitian eksperimen. Metode penelitian eksperimen merupakan metode penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh treatment (perlakuan) tertentu. Eksperimen adalah metode pemberian kesempatan pada anak didik perorangan atau kelompok, untuk dilatih melakukan suatu proses dimana peserta didik melakukan suatu percobaan tentang sesuatu hal, mengamati prosesnya serta menuliskan hasil percobaannya, kemudian hasil pengamatan itu disampaikan ke kelas dan dievaluasi oleh pendidik. Peneliti menggunakan metode penelitian eksperimen semu (quasi experimental design). Bentuk desain eksperimen ini merupakan pengembangan dari true experimental design, yang sulit dilaksanakan. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda sebanyak 40 butir soal pada uji validitas dengan menggunakan Korelasi Point Biserial 35 soal dinyatakan valid dan 5 soal dinyatakan tidak valid. Uji reliabilitas menggunakan rumus KR-20 memperoleh rhitung 0,774 > 0,361 rtabel, maka data tersebut memiliki instrumen yang reliabel. Dari hasil perhitungan diperoleh data rata-rata nilai hasil belajar kelompok eksperimen mean sebesar 82,45, median 85,498 serta modus 87. Sedangkan hasil belajar kelompok kontrol memiliki rata-rata mean 72,52, median 75,9 serta modus 79,61. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh t_hitung 4,23 > t_(tabel )1,69, maka diperoleh kesimpulan bahwa H_i diterima dan H_o ditolak, hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan penerapan metode picture and picture terhadap hasil belajar agama Islam materi surat Al-Fiil di kelas IV SDN Gandamekar 01 Cikarang Barat Bekasi.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDSUHARYAT, YAYATUNSPECIFIED
Keywords / Kata Kunci: Metode, Picture And Picture, Hasil, Belajar.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Faculty: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Users 393 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2022 02:19
Last Modified: 31 Aug 2022 02:19
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/911

Actions (login required)

View Item View Item