IIN, KUSMAWATI (2022) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM MONTESORI DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI TK ASKARA MONTESORI KRAMAT JATI JAKARTA TIMUR. Magister (S2) thesis, UNIVERSITAS ISLAM "45" BEKASI.
Text
PENDAHULULAN BU IIN.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (320kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (664kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (452kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (625kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.docx.pdf Download (295kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (424kB) |
Abstract
IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM MONTESORI DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI TK ASKARA MONTESORI KRAMAT JATI JAKARTA TIMUR Iin Kusmawati NIM.: 41189901200007 Magister manajamen pendidikan islam Iinkusmawati09@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi manajemen kurikulum montesori beserta faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi manajemen kurikulum montesori dalam meningkatkan mutu pembelajaran di Taman Kanak-Kanak Askara Montesori Kramatjati Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriftif dengan mengunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Tahap teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi data, sedangkan pengecekan keterpercayaan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketelitian pengamatan, triangulasi dan melakukan konsultasi ke pembimbing. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa Implementasi manajemen kurikulum montesori dalam meningkatkan mutu pembelajaran yaitu perencanaan meliputi membuat jadwal pelatihan pada guru baik mendatangkan ahli maupun mengikuti peltiahn diluar membuat rencana kerja kepala/program tahunan, membuat pedoman supervisi. Kemudian dalam pelaksanan meliputi: melakukan supervisi perencanaan pembelajaran meliputi RPPH, RPPM dan RPPS, melakukan monitoring dan evaluasi dengan membina guru disertai motivasi. Evaluasi meliputi melaporkan hasil supervisi mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran, kemudian melaporkan hasil perkembangan anak terhadap orang tua. Sedangkan Faktor pendorong startegi manajemen perubahan dalam meningkatkan kinerja guru meliputi Sarana prasarana beserta fasilitas yang mencakup alat-alat montesori cukup lengkap, profesionalitas guru dalam mempelajari materi materi pembelajaran sedangkan faktor penghambatnya yaitu Kesulitan guru dalam proses pembelajaran, Tutuntan laporan administrasi dalam evaluasi pembelajaran yang cukup habisin waktu. Kata Kunci: Implementasi, Manajemen Kurikulum, Mutu Pembelajaran
Item Type: | Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Magister (S2)) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi: |
|
|||||||||
Subjects: | Psikologi Pendidikan Psikologi Perkembangan Pendidikan Agama Islam |
|||||||||
Faculty: | Sekolah Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam S2 | |||||||||
Depositing User: | Users 332 not found. | |||||||||
Date Deposited: | 26 Aug 2022 09:31 | |||||||||
Last Modified: | 26 Aug 2022 09:31 | |||||||||
URI: | http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/874 |
Actions (login required)
View Item |