IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM MONTESORI DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI TK ASKARA MONTESORI KRAMAT JATI JAKARTA TIMUR

IIN, KUSMAWATI (2022) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM MONTESORI DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI TK ASKARA MONTESORI KRAMAT JATI JAKARTA TIMUR. Magister (S2) thesis, UNIVERSITAS ISLAM "45" BEKASI.

[img] Text
PENDAHULULAN BU IIN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (320kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (664kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (452kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (625kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.docx.pdf

Download (295kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (424kB)

Abstract

IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM MONTESORI DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI TK ASKARA MONTESORI KRAMAT JATI JAKARTA TIMUR Iin Kusmawati NIM.: 41189901200007 Magister manajamen pendidikan islam Iinkusmawati09@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi manajemen kurikulum montesori beserta faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi manajemen kurikulum montesori dalam meningkatkan mutu pembelajaran di Taman Kanak-Kanak Askara Montesori Kramatjati Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriftif dengan mengunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Tahap teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi data, sedangkan pengecekan keterpercayaan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketelitian pengamatan, triangulasi dan melakukan konsultasi ke pembimbing. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa Implementasi manajemen kurikulum montesori dalam meningkatkan mutu pembelajaran yaitu perencanaan meliputi membuat jadwal pelatihan pada guru baik mendatangkan ahli maupun mengikuti peltiahn diluar membuat rencana kerja kepala/program tahunan, membuat pedoman supervisi. Kemudian dalam pelaksanan meliputi: melakukan supervisi perencanaan pembelajaran meliputi RPPH, RPPM dan RPPS, melakukan monitoring dan evaluasi dengan membina guru disertai motivasi. Evaluasi meliputi melaporkan hasil supervisi mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran, kemudian melaporkan hasil perkembangan anak terhadap orang tua. Sedangkan Faktor pendorong startegi manajemen perubahan dalam meningkatkan kinerja guru meliputi Sarana prasarana beserta fasilitas yang mencakup alat-alat montesori cukup lengkap, profesionalitas guru dalam mempelajari materi materi pembelajaran sedangkan faktor penghambatnya yaitu Kesulitan guru dalam proses pembelajaran, Tutuntan laporan administrasi dalam evaluasi pembelajaran yang cukup habisin waktu. Kata Kunci: Implementasi, Manajemen Kurikulum, Mutu Pembelajaran

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Magister (S2))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDHARYONO, PAUZAN0407067607
UNSPECIFIEDYULI SUGIARTI, DIAH0411076802
Subjects: Psikologi Pendidikan
Psikologi Perkembangan
Pendidikan Agama Islam
Faculty: Sekolah Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam S2
Depositing User: Users 332 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2022 09:31
Last Modified: 26 Aug 2022 09:31
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/874

Actions (login required)

View Item View Item