STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU MELALUI PENDEKATAN PARTISIPATIF DI MA ASSYAFI’IYAH 02 KOTA BEKASI

Sabeni, Sabeni (2025) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU MELALUI PENDEKATAN PARTISIPATIF DI MA ASSYAFI’IYAH 02 KOTA BEKASI. Magister (S2) thesis, Universitas Islam 45.

[img] Text
PENDAHULUAN11.pdf

Download (861kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (430kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (615kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (602kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (290kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (450kB)

Abstract

ABSTRACT Strategy of the Principal in Developing Teachers’ Personality Competence Through a Participatory Approach at MA Assyafi’iyah 02 Bekasi City Sabeni Program Studi Manajemen Pendidikan Islam sabenibeni11051@gmail.com This study aims to describe the principal's strategy in developing teachers' personality competence through a participatory approach at MA Assyafi’iyah 02, Bekasi City. Personality competence is a vital aspect in shaping teachers as moral role models for students and in creating a conducive learning environment. This research employs a qualitative approach using a case study method. Data were collected through interviews, observations, and documentation. The findings reveal that the principal implements a participatory strategy by involving teachers in regular discussion forums, Islamic values-based training, mentoring programs, and performance evaluations with appreciation. This strategy positively impacts teacher discipline, emotional maturity, moral exemplarity, and harmonious relationships within the school community. Despite challenges such as time constraints and resistance from some teachers, the participatory approach effectively fosters a collaborative and sustainable work culture. The study recommends that school principals strengthen participatory leadership and develop more systematic and continuous programs to enhance teachers’ personality competence. Keywords: Principal’s Strategy, Teachers’ Personality Competence, Participatory Approach, Educational Leadership, MA Assyafi’iyah 02 ABSTRAK STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU MELALUI PENDEKATAN PARTISIPATIF DI MA ASSYAFI’IYAH 02 KOTA BEKASI Sabeni Program Studi Manajemen Pendidikan Islam sabenibeni11051@gmail.com Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi kepala sekolah dalam mengembangkan kompetensi kepribadian guru melalui pendekatan partisipatif di MA Assyafi’iyah 02 Kota Bekasi. Kompetensi kepribadian merupakan aspek penting dalam membentuk karakter guru sebagai teladan moral bagi peserta didik dan dalam menciptakan iklim belajar yang kondusif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah menerapkan strategi partisipatif dengan melibatkan guru dalam forum diskusi rutin, pelatihan berbasis nilai-nilai Islam, program mentoring, serta evaluasi dan pemberian apresiasi. Strategi ini berdampak positif terhadap peningkatan disiplin, kedewasaan emosional, keteladanan moral, serta hubungan harmonis antar warga sekolah. Meskipun dihadapkan pada kendala seperti keterbatasan waktu dan resistensi dari sebagian guru, pendekatan partisipatif terbukti mampu membangun budaya kerja kolaboratif yang efektif dan berkelanjutan. Penelitian ini memberikan rekomendasi agar kepala sekolah menguatkan kepemimpinan partisipatif dan menyusun program pembinaan kepribadian guru yang lebih sistematis dan berkelanjutan. Kata Kunci: Strategi Kepala Sekolah, Kompetensi Kepribadian Guru, Pendekatan Partisipatif, Kepemimpinan Pendidikan, MA Assyafi’iyah 02

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Magister (S2))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDHaryono, Pauzan0407067607
UNSPECIFIEDBaharuddin, Baharuddin0901057203
Keywords / Kata Kunci: Strategi Kepala Sekolah, Kompetensi Kepribadian Guru, Pendekatan Partisipatif, Kepemimpinan Pendidikan, MA Assyafi’iyah 02
Subjects: Manajemen Keuangan
Manajemen Operasional
Manajemen Pemasaran
Manajemen Sumber Daya Manusia
Manajemen
Perkantoran
Pendidikan
Pendidikan Agama Islam
Faculty: Sekolah Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam S2
Depositing User: Mr. Sabeni Sabeni
Date Deposited: 18 Sep 2025 06:54
Last Modified: 18 Sep 2025 06:54
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/8600

Actions (login required)

View Item View Item