Darwin, Nurul (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA SISWA KELAS 3 DI SDN KRANJI II KOTA BEKASI. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45 Bekasi.
![]() |
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I .pdf Download (295kB) |
![]() |
Text
BAB II (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (385kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III .pdf Restricted to Repository staff only Download (225kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV .pdf Restricted to Repository staff only Download (433kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V .pdf Download (99kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (83kB) |
Abstract
ABSTRAK Nama : Nurul Huda Darwin NPM : 41182109200022 Program Studi : Pendidikan Guru Sekolah Dasar Judul Skripsi : Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa Kelas III Di SDN Kranji II Kota Bekasi Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya pemahaman konsep matematika siswa kelas III SDN Kranji II Kota Bekasi. Adapun permasalahnya yaitu Siswa belum mampu menjelaskan kembali materi pecahan yang telah diajarkan. Siswa kesulitan dalam memberikan dan membedakan contoh dari konsep pecahan adalah pembilang dan penyebut, siswa masih kesulitan dalam menyajikan konsep pecahan dalam berbentuk gambar dengan benar, siswa belum mampu mengerjakan latihan soal pecahan dalam konsep penjumlahan dan pengurangan dengan benar, siswa masih belum memahami konsep dasar pecahan dan masih kesulitan saat mencoba menghubungkan konsep lainnya. Dalam mengatasi permasalahan tersebut maka diterapkannya model pembelajaran Discovery Learning, yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas III SDN Kranji II Kota Bekasi. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yang dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklusnya dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan dan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, penilaian, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Kranji II Kota Bekasi. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah 85% dari jumlah siswa mencapai KKM yaitu 75. Dari hasil penelitian diperoleh presentase ketuntasan klasikal pada siklus I yaitu 52% dengan nilai rata-rata siswa yaitu 68. Pada siklus II presentase ketuntasan klasikal meningkat menjadi 88% dengan nilai rata-rata siswa yaitu 85. Dengan demikian, model pembelajaran Discovery Learning terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa sekolah dasar dan direkomendasikan sebagai alternatif metode pembelajaran yang dapat digunakan guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di kelas rendah. Kata kunci: Discovery Learning, Pemahaman Konsep, Matematika, Sekolah Dasar, Penelitian Tindakan Kelas ABSTRACT Nama : Nurul Huda Darwin NPM : 41182109200022 Program Studi : Pendidikan Guru Sekolah Dasar Judul Skripsi : Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa Kelas III Di SDN Kranji II Kota Bekasi This research is motivated by the low understanding of mathematics concepts of grade III students of SDN Kranji II, Bekasi City. The problem is that students have not been able to explain the fractional material that has been taught. Students have difficulty in giving and distinguishing examples of the concept of fractions are numerators and denominators, students still have difficulty in presenting the concept of fractions in the form of pictures correctly, students have not been able to do the practice of fraction problems in the concept of addition and subtraction correctly, students still do not understand the basic concept of fractions and still have difficulty when trying to connect other concepts. In overcoming these problems, the Discovery Learning learning model was applied, which aims to improve the understanding of mathematics concepts for grade III students of SDN Kranji II Bekasi City. This study uses the Classroom Action Research (PTK) method. Which is carried out in 2 cycles, each cycle is carried out 3 times and goes through the stages of planning, implementation, assessment, and reflection. The subject of this study is a third grade student of SDN Kranji II Bekasi City. The indicator of the success of this study is 85% of the number of students reaching the KKM, which is 75. From the results of the study, the percentage of classical completeness in the first cycle was 52% with an average student score of 68. In the second cycle, the percentage of classical completeness increased to 88% with an average student score of 85. Thus, the Discovery Learning learning model has proven to be effective in improving the understanding of mathematics concepts of elementary school students and is recommended as an alternative learning method that teachers can use to improve the quality of mathematics learning in low grades. Keywords: Discovery Learning, Concept Comprehension, Mathematics, Elementary School, Classroom Action Research
Item Type: | Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1)) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi: |
|
|||||||||
Keywords / Kata Kunci: | Kata kunci: Discovery Learning, Pemahaman Konsep, Matematika, Sekolah Dasar, Penelitian Tindakan Kelas | |||||||||
Subjects: | Pendidikan | |||||||||
Faculty: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | |||||||||
Depositing User: | MS NURUL HUDA DARWIN | |||||||||
Date Deposited: | 03 Jul 2025 06:30 | |||||||||
Last Modified: | 03 Jul 2025 06:30 | |||||||||
URI: | http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/7934 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |