TARIGAN, WINDA HESTYANA BR (2025) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI MODEL AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) DI KELAS IV SDN PANTAI MAKMUR 02. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45.
![]() |
Text
1. PENDAHULUANN.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
2. BAB 1.pdf Download (240kB) |
![]() |
Text
3. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (283kB) | Request a copy |
![]() |
Text
4. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (393kB) | Request a copy |
![]() |
Text
5. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (619kB) | Request a copy |
![]() |
Text
6. BAB V.pdf Download (115kB) |
![]() |
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (135kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari siswa masih banyak yang belum bisa memahami materi yang sudah dijelaskan, selain itu siswa tidak dapat menerapkan konsep-konsep IPA dalam kehidupan sehari-hari di sekolah maupun di rumah, serta belum bisa menyampaikan kesimpulan pembelajaran yang telah dipelajari, dalam penggunaan model pembelajaran pun masih sangat jarang digunakan, dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA masih sangat rendah yaitu dari 32 siswa yang mampu tuntas hanya 13 siswa, sementara 19 lainnya tidak tuntas. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Pantai Makmur 02 melalui model Auditory Intellectually Repetition (Air). Model penelitian yang digunakan yaitu PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengematan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Pantai Makmur 02 yang berjumlah 32 siswa, yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan hasil tes tertulis uraian berjumlah 10 soal. Analisis data dilakukan dengan indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila 80% dari jumlah siswa yang mencapai nilai KKM yang telah ditentukan yaitu 75. Berdasarkan hasil penelitian dari setiap siklus ini memperoleh peningkatan persentase klasikal pada kegiatan siklus I sebesar 66% dengan nilai rata-rata 73,95, pada siklus II sebesar 81% dengan nilai rata-rata 83,43. Peningkatan hasil belajar siswa dengan model Auditory Intellectually Repetition (AIR) dari siklus I ke siklus II pada mata pelajaran IPA sebesar 15%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Auditory Intelectually Repetition dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas IV SDN Pantai Makmur 02 Kata Kunci: Model Auditory Intellectually Repetition, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam, Siswa Sekolah Dasar
Item Type: | Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1)) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi: |
|
|||||||||
Keywords / Kata Kunci: | Model Auditory Intellectually Repetition, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam, Siswa Sekolah Dasar | |||||||||
Subjects: | Pendidikan | |||||||||
Faculty: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | |||||||||
Depositing User: | MS WINDA HESTYANA BR TARIGAN | |||||||||
Date Deposited: | 04 Jun 2025 08:53 | |||||||||
Last Modified: | 04 Jun 2025 08:53 | |||||||||
URI: | http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/7760 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |