UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI MODEL AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) DI KELAS IV SDN PANTAI MAKMUR 02

TARIGAN, WINDA HESTYANA BR (2025) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI MODEL AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) DI KELAS IV SDN PANTAI MAKMUR 02. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45.

[img] Text
1. PENDAHULUANN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. BAB 1.pdf

Download (240kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (619kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB V.pdf

Download (115kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (135kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari siswa masih banyak yang belum bisa memahami materi yang sudah dijelaskan, selain itu siswa tidak dapat menerapkan konsep-konsep IPA dalam kehidupan sehari-hari di sekolah maupun di rumah, serta belum bisa menyampaikan kesimpulan pembelajaran yang telah dipelajari, dalam penggunaan model pembelajaran pun masih sangat jarang digunakan, dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA masih sangat rendah yaitu dari 32 siswa yang mampu tuntas hanya 13 siswa, sementara 19 lainnya tidak tuntas. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Pantai Makmur 02 melalui model Auditory Intellectually Repetition (Air). Model penelitian yang digunakan yaitu PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengematan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Pantai Makmur 02 yang berjumlah 32 siswa, yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan hasil tes tertulis uraian berjumlah 10 soal. Analisis data dilakukan dengan indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila 80% dari jumlah siswa yang mencapai nilai KKM yang telah ditentukan yaitu 75. Berdasarkan hasil penelitian dari setiap siklus ini memperoleh peningkatan persentase klasikal pada kegiatan siklus I sebesar 66% dengan nilai rata-rata 73,95, pada siklus II sebesar 81% dengan nilai rata-rata 83,43. Peningkatan hasil belajar siswa dengan model Auditory Intellectually Repetition (AIR) dari siklus I ke siklus II pada mata pelajaran IPA sebesar 15%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Auditory Intelectually Repetition dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas IV SDN Pantai Makmur 02 Kata Kunci: Model Auditory Intellectually Repetition, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam, Siswa Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDAningsih, Aningsih0406018202
UNSPECIFIEDMujiani, Dwi Safitri0423087904
Keywords / Kata Kunci: Model Auditory Intellectually Repetition, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam, Siswa Sekolah Dasar
Subjects: Pendidikan
Faculty: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: MS WINDA HESTYANA BR TARIGAN
Date Deposited: 04 Jun 2025 08:53
Last Modified: 04 Jun 2025 08:53
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/7760

Actions (login required)

View Item View Item