PENGARUH MODEL THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS IV SDN KARANG ASIH 06 KABUPATEN BEKASI

Ganesa, Adila (2025) PENGARUH MODEL THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS IV SDN KARANG ASIH 06 KABUPATEN BEKASI. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45 Bekasi.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (200kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (457kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (165kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (178kB)

Abstract

Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas IV SDN Karang Asih 06 Kabupaten Bekasi Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya variasi model pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar. Salah satu model yang belum pernah diterapkan adalah model Think Talk Write (TTW), yang diyakini dapat mendorong siswa untuk berpikir kritis, berdiskusi, dan menulis secara sistematis. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model Think Talk Write (TTW) terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa SDN Karang Asih 06 Kabupaten Bekasi. Metode penelitian yang digunakan ini adalah eksperimen dengan desain penelitian yaitu quasi eksperimental. Penelitian ini menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol dimana kelas eksperimen diperlakukan menggunakan model Think Talk Write dan kelas kontrol menggunakan model Concept Sentence. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Hipotesis, dan Uji N-Gain, dengan menggunakan bantuan aplikasi pengolah data yaitu IBM Statistic SPSS version 30. Hasil penelitian ini adalah : 1) Keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV B SDN Karang Asih 06 Kabupaten Bekasi yang menggunakan model Think Talk Write di kelas eksperimen memiliki rata-rata 83,67. Sebelum pembelajaran dimulai, rata-rata hasil 72,50. 2) Keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV C SDN Karang Asih 06 Kabupaten Bekasi yang menggunakan model Concept Sentence di kelas kontrol memiliki rata-rata 76,67. Sebelum pembelajaran dimulai, rata-rata adalah 68,67. 3) Terdapat pengaruh model Think Talk Write terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SDN Karang Asih 06 Kabupaten Bekasi dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,020 < lebih kecil dari (<0,05).

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDRikmasari, Rima0404108202
UNSPECIFIEDAningsih, Aningsih0406018202
Keywords / Kata Kunci: Model Think Talk Write, Keterampilan Menulis Karangan Narasi, Sekolah Dasar
Subjects: Pendidikan
Faculty: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: MS ADILA GANESA
Date Deposited: 04 Jun 2025 08:50
Last Modified: 04 Jun 2025 08:50
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/7758

Actions (login required)

View Item View Item