Efektivitas Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) di Kecamatan Tarumajaya Kabupaten Bekasi

Ardhiansyah, Ahmad (2025) Efektivitas Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) di Kecamatan Tarumajaya Kabupaten Bekasi. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45 Bekasi.

[img] Text
Pendahuluan.pdf

Download (429kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (261kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (629kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (39kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB)

Abstract

Penulisan skripsi ini bertitik tolak dari permasalahan belum efektivnya pelaksanaan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) di Kecamatan Tarunmajay Kabupaten Bekasi sehingga menyebbkan pelayanan kepada masyarakat belum maksimal. Oleh karena itu penulis menetapkan judul skripsi: “Efektivitas Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) di Kecamatan Tarumajaya Kabupaten Bekasi (Studi Kasus Pelayanan Administrasi Kependudukan)”. Metodologi dalam penelitian yang dipergunakan adalah metode kualitatif deskriptif dan Teknik pengumpulan data dikaji melalu studi Pustaka, wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan teori Richard M.Steers dalam Tangkilisan (2005:64) mengungkapkan ada 3 indikator dalam efektivitas yaitu Pencapaian Tujuan, Integrasi dan Adaptasi. Berdasarkan hasil rekapitulasi seluruh indiktor penelitian Efektivitas Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) di Kecamatan Tarumajaya Kabupaten Bekasi masih belum tercapai secara maksimal dilihat dari beberapa indikator seperti Pencapaian Tujuan, Integrasi dan Adaptasi. Hambatan-hambatan yang ditemukan adalah: (1) Masih terdapat pergawai Pemerintah Kecamatan Tarumajaya tidak mengerti dengan adanya kebijakan PATEN. (2) Waktu pelayanan yang sangat masih lama dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. (3) Tidak adanya informasi mengenai alur pelayanan. (4) Sarana dan prasarana pendukung yang masih kurang bahkan hal itu menimbulkan hambatan pelayanan. Upaya-upaya yang dilakukan Pemerintah Kecamatan Tarumajaya dalam mengatasi hambatan, antara lain (1) Memberikan edukasi kepada setiap pihak pegawai yang ada di Kecamatan Tarumajaya agar memberikan pelayanan dengan sesuai pencapaian tujuan pelayanan PATEN . (2) Memberikan sebuah sarana dan prasarana berupa alur pelayanan di papan informai agar masyarakat bisa mengetahui alur pelayanan semenjak adanya kebijakan PATEN ini. (3) melengkapi dan meremajakan sarana dan prasarana yang terdapat rusak sehingga bisa mendukung pelayanana yang ada di Pemerintah Kecamatan Tarumajaya Kabupaten Bekasi

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDSupriyatno, Yanto0429106201
Keywords / Kata Kunci: Efektivitas , Pelayanan Publik , PATEN
Subjects: Ilmu Politik
Ilmu Pemerintakahan
Faculty: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan S1
Depositing User: Mr Ahmad Ardhiansyah
Date Deposited: 04 Jun 2025 07:27
Last Modified: 04 Jun 2025 07:27
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/7746

Actions (login required)

View Item View Item