Model Pembelajaran Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar (SD)

Kustiawan, Devika Damadika (2022) Model Pembelajaran Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar (SD). Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam "45" Bekasi.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf.pdf

Download (980kB)
[img] Text
BAB I.pdf.pdf

Download (276kB)
[img] Text
BAB II.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (769kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf.pdf

Download (149kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (377kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masalah rendahnya hasil belajar IPA siswa sekolah dasar dan untuk mengatasi permasalahan tersebut digunakan model pembelajaran two stay two stray. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh gambaran model pembelajaran two stay two stray dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di sekolah dasar (SD). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Systematic Literatur Review. Penelitian dilakukan dengan cara mengumpulkan data berupa identifikasi masalah, pencarian data, screening, serta ekstrasi dan review data. Jurnal yang digunakan dalam penelitian ini memiliki kriteria, yaitu 8 tahun terakhir pada 2013-2021 dengan membahas model two stay two stray terhadap hasil belajar IPA di SD. Berdasarkan 29 jurnal yang peneliti analisis, model pembelajaran two stay two stray terbukti dapat meningkatkan ataupun berpengaruh pada hasil belajar IPA siswa sekolah dasar. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran two stay two stray dalam metode PTK mengalami peningkatan pada setiap siklusnya sehingga model pembelajaran two stay two stray dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa sekolah dasar dan hasil uji-t dalam metode eksperimen menunjukkan nilai thitung lebih besar dari ttabel sehingga model pembelajaran two stay two stray berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa sekolah dasar. Hasil lain menyebutkan bahwa penggunaan model pembelajaran two stay two stray terhadap hasil belajar IPA siswa sekolah dasar dapat diterapkan di kelas rendah maupun kelas atas. Kemudian, pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran two stay two stray dapat berbantuan media dan tidak berbantuan media karena keduanya dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa sekolah dasar. Kata Kunci: Two Stay Two Stray, Hasil Belajar IPA, Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDSugiharti, Rini EndahUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDPramintari, Ratna DuhitaUNSPECIFIED
Keywords / Kata Kunci: Two Stay Two Stray, Hasil Belajar IPA, Sekolah Dasar
Subjects: Eksperimen
Penelitian Tindakan Kelas
Faculty: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Users 232 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2022 02:43
Last Modified: 24 Aug 2022 02:43
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/732

Actions (login required)

View Item View Item