Optimalisasi Mutu Pendidikan Inklusi melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Di SMA School Of Human Bekasi

Mamah, Mamah (2024) Optimalisasi Mutu Pendidikan Inklusi melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Di SMA School Of Human Bekasi. Magister (S2) thesis, Universitas Islam "45" Bekasi.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (587kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (584kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (689kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (588kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (687kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (227kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (359kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui optimalisasi mutu pendidikan inklusi melalui implementasi kurikulum merdeka di SMA School Of Human Bekasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dalam penelitian ini peneliti mendeskripsikan dan menganalisis secara terperinci tentang optimalisasi mutu Pendidikan inklusi melalui implementasi kurikulum merdeka sesuai dengan data yang didapat di lapangan. kualitatif bukan hanya mengumpulkan data sekali jadi atau sekaligus dan kemudian mengolahnya, melainkan harus melalui tahap demi tahap dan kesimpulan yang dihasilkan selama proses berlangsung dari awal sampai akhir kegiatan, bersifat naratif, dan menyeluruh. SMA School Of Human Bekasi memiliki keunggulan baik secara akademik maupun non akademik yang mana ada upaya-upaya untuk menunjang, memberdayakan, dan meningkatkan prestasi tersebut dengan menggunakan peningkatan mutu pendidikan. SMA School Of Human Bekasi juga memberlakukan kurikulum merdeka belajar. Karena citra yang sudah didapatkan dari masyarakat berkat membentuk peserta didik untuk mencapai peningkatan mutu pendidikan yang semakin membaik dari tahun ke tahun. Maka, kurikulum merdeka belajar dijadikan sebagai inovasi baru. Hal ini pula dilakukan untuk mengharapkan peningkatan mutu pendidikan di SMA School Of Human Bekasi agar menjadi lebih baik. Selain itu pesatnya teknologi juga menjadi tantangan untuk men-upgrade kurikulum yang memadupadankan nilai-nilai pancasila dengan project learned based. Berdasarkan hasil dari penelitian ini adalah dengan memberikan pelatihan￾pelatihan kepada guru-guru mengenai pendidikan inklusi maupun tentang kurikulum merdeka, seminar, membuat kelompok belajar serta lokakarya untukBerdasarkan hasil dari penelitian ini adalah dengan memberikan pelatihan￾pelatihan kepada guru-guru mengenai pendidikan inklusi maupun tentang kurikulum merdeka, seminar, membuat kelompok belajar serta lokakarya untuk meningkatkan mutu. Mengimplementasikan kurikulum merdeka dengan melaksanakan P5 (Projek penguatan profil pelajar Pancasila), dan menggunakan tes gaya belajar siswa agar metode yang disampaikan oleh guru sesuai degan kebutuhan siswa. Faktor yang mempengaruhi yaitu tenaga pendidik yang tersertifikasi dan terlatih, sarana dan prasarana yang memadai, kurikulum yang relevan pada masa kini.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Magister (S2))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDBaharuddin, Baharuddin0901057203
UNSPECIFIEDApriliantoni, Apriliantoni0423046302
Keywords / Kata Kunci: Mutu. Pendidikan Inklusi. Kurikulum Merdeka
Subjects: Pendidikan
Faculty: Sekolah Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam S2
Depositing User: Ms. Mamah Mamah
Date Deposited: 03 Jan 2025 09:31
Last Modified: 03 Jan 2025 09:31
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/7148

Actions (login required)

View Item View Item