Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep pada Mata Pelajaran IPA Melalui Model Project Based Learning (PjBL) di Kelas V SDN Jatiwarna I

Hanifa, Farhatun (2024) Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep pada Mata Pelajaran IPA Melalui Model Project Based Learning (PjBL) di Kelas V SDN Jatiwarna I. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45.

[img] Text
01. Pendahuluan.pdf

Download (803kB)
[img] Text
02. Bab I.pdf

Download (319kB)
[img] Text
03. Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB) | Request a copy
[img] Text
04. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (442kB) | Request a copy
[img] Text
05. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (568kB) | Request a copy
[img] Text
06. Bab V.pdf

Download (246kB)
[img] Text
07. Daftar Pustaka.pdf

Download (255kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemahaman siswa yang masih rendah dalam mata pelajaran IPA di kelas V SDN Jatiwarna I. Adapun permasalahannya yaitu: siswa belum mampu memahami materi yang telah dipelajari, siswa belum mampu dalam memberikan contoh, siswa belum mampu untuk menganalisis materi yang telah dipelajari, siswa belum mampu untuk mengklasifikasi materi yang telah dipelajari, siswa belum mampu untuk menyimpulkan materi, dan siswa belum mampu mengaplikasikan konsep untuk membuat suatu kreasi. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA siswa kelas V dengan menerapkan model Project Based Learning (PjBL) di SDN Jatiwarna I. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklusnya dilakukan 3 kali pertemuan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, penilaian dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Jatiwarna I yang berjumlah 34 siswa, yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah 80% dengan KKM yang telah ditentukan yaitu 75. Hasil penelitian menunjukkan ketuntasan klasikal pada siklus I yaitu 53% dengan nilai rata-rata 72. Selanjutnya pada siklus II diperoleh ketuntasan klasikal meningkat menjadi 85% dengan nilai rata-rata 85. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan pemahaman konsep IPA pada siswa kelas V sebesar 32%.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDSumirat, Fanny0426107901
UNSPECIFIEDRikmasari, Rima0404108202
Keywords / Kata Kunci: Pemahaman Konsep IPA, Model Project Based Learning (PjBL), Ilmu Pengetahuan Alam
Subjects: Pendidikan
Faculty: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: ms Azkia Farhatun Hanifa
Date Deposited: 12 Dec 2024 07:07
Last Modified: 12 Dec 2024 07:07
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/7067

Actions (login required)

View Item View Item