Firjatullah, Fidia (2024) Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Model Two Stay Two Stray Siswa Kelas V SDN Jejalen Jaya 02. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45.
Text
(1).Pendahuluan.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (532kB) |
|
Text
BAB II (2).pdf Restricted to Repository staff only Download (682kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (655kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Download (408kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (451kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman siswa dalam mata pelajaran IPA di kelas V SDN Jejalen jaya 02. Masalah yang di hadapi siswa antara lain siswa kesulitan dalam : menjelaskan pengertian ekosistem, menafsirkan gambar jenis-jenis ekosistem, memberikan contoh jenis ekosistem, mengklasifikasi komponen biotik dan abiotik, menarik inferensi komponen biotik dan abiotik, membandingkan jenis-jenis ekosistem, serta menyimpulkan materi yang dipelajari. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep pada siswa kelas V melalui penerapan model Two Stay Two Stray di SDN Jejalen Jaya 02. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan dan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, penilaian dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 32 siswa kelas V SDN Jejalen Jaya 02 yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah 80% dari jumlah siswa yang mencapai nilai KKM yaitu 75. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I diperoleh presentase ketuntasan klasikal yaitu 53% dengan nilai rata-rata 71. Pada siklus II, presentase ketuntasan klasikal meningkat menjadi 88% dengan nilai rata-rata 84. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Two Stay Two Stray berhasil meningkatkan pemahaman konsep pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SDN Jejalen Jaya 02 sebesar 35%.
Item Type: | Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1)) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi: |
|
|||||||||
Keywords / Kata Kunci: | Pemahaman Konsep IPA, Model Two Stay Two Stray, Ilmu Pengetahuan Alam | |||||||||
Subjects: | Pendidikan | |||||||||
Faculty: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | |||||||||
Depositing User: | ms Syifa Fidia Firjatullah | |||||||||
Date Deposited: | 12 Dec 2024 07:18 | |||||||||
Last Modified: | 12 Dec 2024 07:18 | |||||||||
URI: | http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/7065 |
Actions (login required)
View Item |