Nursyahbani, Liris (2024) Analisis Daerah Rawan Kecelakaan Lalu Lintas Menggunakan Metode AEK (Angka Ekivalen Kecelakaan) dan Metode UCL (Upper Control Limit) di Jalan Tol Jakarta Cikampek Km 10-Km 16. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45 Bekasi.
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (724kB) |
|
Text
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (799kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 2 LANDASAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4 PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (570kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (730kB) |
Abstract
ABSTRAK Tol Jakarta-Cikampek mempunyai peran vital dalam sistem transportasi dan ekonomi Indonesia, menghubungkan ibu kota dengan berbagai daerah penting di Pulau Jawa. Jalan Tol ini dimulai dari Cawang di Jakarta Timur dan berakhir di Cikampek, Jawa Barat. Seiring dengan meningkatnya volume lalu lintas, risiko terjadinya kecelakaan juga cenderung meningkat. Kecelakaan Lalu lintas merupakan suatu kejadian yang terjadi dalam kegiatan transportasi. Hal itu terjadi karena ketidakseimbangnya antara pengemudi, kendaraan dan prasarana lalu lintas yang merupakan unsur kegiatan transportasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui angka kecelakaan dan daerah rawan kecelakaan (black area) pada Jalan Tol Cikampek Km 10 – Km 16. Data korban kecelakaan lalu lintas tahun 2019-2023 diperoleh dari Polres Metro Bekasi Kota. Berdasarkan data tersebut, dihitung dengan angka kecelakaan dengan Metode Angka Ekivalen Kecelakaan (AEK) dan Metode Upper Control Limit (UCL). Hasil analisis menunjukan nilai AEK dan UCL dari tahun 2019-2023 diketahui bahwa nilai AEK pada tahun 2023 terbesar yaitu 403 dan AEK terkecil di tahun 2020 yaitu 144. Untuk nilai UCL yang terbesar di tahun 2023 sebesar 1325 dan yang terkecil di tahun 2020 sebesar 301. Maka dari 5 tahun terakhir yang sering terjadi black area pada tahun 2023 dinamakan Daerah Rawan Kecelakaan. Area Jalan Tol Jakarta - Cikampek yang dikenal sebagai black area di Km 10 - Km 16 terdapat di kilometer 10. Faktor terbesar penyebab kecelakaan yaitu dari faktor pengemudi sebanyak 576, faktor teknologi sebanyak 117, faktor kendaraan sebanyak 109, faktor jalan sebanyak 173 dan faktor terkecil adalah faktor alam sebanyak 78. Kata Kunci: Lalu Lintas, Metode AEK dan UCL, Black Area, Tol Jakarta - Cikampek
Item Type: | Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1)) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi: |
|
|||||||||
Keywords / Kata Kunci: | Lalu Lintas, Metode AEK dan UCL, Black Area, Tol Jakarta - Cikampek | |||||||||
Subjects: | Manajemen Konstruksi Transportasi (Perancangan Jalan) |
|||||||||
Faculty: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1 | |||||||||
Depositing User: | Ms. Liris Nursyahbani | |||||||||
Date Deposited: | 07 Aug 2024 03:45 | |||||||||
Last Modified: | 07 Aug 2024 03:45 | |||||||||
URI: | http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/5968 |
Actions (login required)
View Item |