Patricia, Laila Amanda (2024) MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA HOMESCHOOLING KAK SETO BEKASI. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45 Bekasi.
Text
01 PENDAHULUAN.pdf Download (711kB) |
|
Text
02 BAB I.pdf Download (440kB) |
|
Text
03 BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (536kB) | Request a copy |
|
Text
04 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (634kB) | Request a copy |
|
Text
05 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (998kB) | Request a copy |
|
Text
06 BAB V.pdf Download (519kB) |
|
Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (419kB) |
Abstract
Homeschooling adalah pendidikan alternatif berbasis rumah yang dilaksanakan dimanapun, kapanpun, dan dengan siapapun di mana proses pendidikan hampir sepenuhnya depegang oleh orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran PAI yang dilaksanakan di homeschooling secara keseluruhan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, materi, strategi dan metode, hingga evaluasi pembelajaran. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Jenis Penelitian ini dilakukan di Homeschooling Kak Seto Bekasi yang telah dilaksanakan pada bulan 04 Juni – 09 Juli 2024 dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik dalam pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dengan melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan temuan dan hasil analis data yang penulis lakukan dapat disimpulkan bahwa: 1.) Model pembelajaran PAI pada Homeschooling di Kak Seto Bekasi menawarkan pilihan program yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan orang tua dan anak. Adapun model pembelajaran tetap mempertimbangkn komponen kognitif (pengetahuan), afektif (sikap), dan psikomotor (keterampilan) proses pembelajaran semuanya tercakup dalam kurikulum, materi pembelajaram, strategi pembelajaran dan metode yang digunakan. Starategi pembelajaran dilakukan dengan kegiatan belajar tutorial melalui pembelajaran dari rumah berdasarkan pada metode active learning berbasis e-learning yang tersedia pada layanan google classroom Homeschooling Kak Seto Bekasi. Adapun metode-metode active learning seperti metode demonstrasi, Information Search dan metode Everyone Is A Teacher Here untuk menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif. Dengan digunakannya metode active learning ini siswa dapat menerima pelajaran dengan baik dan suasana pembelajaran menjadi asyik dan menyenangkan. 2.) Berdasarkan hasil temuan penelitian yang dilakukan di Homeschooling Kak Seto Bekasi terkait implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dilakukan diantaranya meliputi : Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi (Penilaian). Secara umum pelaksanaan proses pembelajaran di Homeschooling Kak Seto Bekasi mencakup tiga kegiatan yaitu kegiatan tatap muka, E-Learning dan kegiatan tutorial. Karena konsep homeschooling pada dasarnya adalah lebih banyak belajar di rumah.
Item Type: | Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1)) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi: |
|
||||||
Keywords / Kata Kunci: | Model Pembelajaran, Homeschooling, Kak Seto, Pendidikan Agama Islam. | ||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan Agama Islam |
||||||
Faculty: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 | ||||||
Depositing User: | Ms. Laila Amanda Patricia | ||||||
Date Deposited: | 27 Aug 2024 07:58 | ||||||
Last Modified: | 27 Aug 2024 07:58 | ||||||
URI: | http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/5857 |
Actions (login required)
View Item |