DINAMIKA PEMIKIRAN PENDIDIKAN IBNU KHALDUN DALAM KITAB MUQADDIMAH DAN RELEVANSINYA DENGAN KURIKULUM PAI

Priyambudi, Setyoi Tri (2024) DINAMIKA PEMIKIRAN PENDIDIKAN IBNU KHALDUN DALAM KITAB MUQADDIMAH DAN RELEVANSINYA DENGAN KURIKULUM PAI. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI BAB I.pdf

Download (464kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (432kB) | Request a copy
[img] Text
SKRIPSI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB) | Request a copy
[img] Text
SKRIPSI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB) | Request a copy
[img] Text
SKRIPSI BAB V.pdf

Download (315kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (385kB)

Abstract

Setyo Tri Priyambudi, NPM 41182911200091, DINAMIKA PEMIKIRAN PENDIDIKAN IBNU KHALDUN DALAM KITAB MUQADDIMAH DAN RELEVANSINYA DENGAN KURIKULUM PAI. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Universitas Islam 45 Bekasi. (1446 H/2024 M). (90 halaman skripsi) Penelitian ini akan memperkaya literatur tentang pemikiran pendidikan Ibnu Khaldun dan memberikan perspektif baru dalam studi PAI. Dengan penerapan konsep pendidikan Ibnu Khaldun, diharapkan dapat terbentuk generasi yang tidak hanya cerdas secara intelektual tetapi juga memiliki moralitas dan spiritualitas yang tinggi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan pendekatan studi Pustaka (library research). Pendekatan ini dipilih untuk mengeksplorasi secara mendalam dinamika, konsep Pendidikan yang terdapat dalam Kitab Muqaddimah karya Ibnu Khaldun serta relevansinya dalam konteks Pendidikan Agama Islam kontemporer. Studi Pustaka akan digunakan untuk mengkaji teks Muqaddimah secara mendalam. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar untuk mengembangkan kurikulum PAI yang lebih efektif dan relevan dengan kebutuhan zaman. Perspektif Ibnu Khaldun tampaknya relevan dengan pemahaman yang berkembang tentang pendidikan Islam di Indonesia. Menurut Sistem Pendidikan Nasional, "manusia ideal" adalah orang yang memenuhi setidaknya sembilan kriteria yang berkaitan dengan integritas kepribadian: 1) iman dan takut akan Tuhan Yang Maha Esa 2) karakter mulia 3) kesehatan 4) pengetahuan 5) kemampuan 6) kreativitas 7) kemandirian 8) demokrasi dan 9) tanggung jawab. Kemajuan dan kemunduran yang dialami umat Islam tidak seperti garis lurus, melainkan pasang surut dan berlangsung selama beberapa abad. Dengan demikian, penerapan gagasan Ibnu Khaldun akan tumbuh ketika dikombinasikan dengan teori-teori pendidikan lain yang telah divalidasi di dunia kontemporer, bukan hanya dipelajari dalam pendidikan Islam. Katakunci: Dinamika Pendidikan, Kurikulum PAI, Muqaddimah, Ibnu Khaldun

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDSupriyanto, Agus0407086205
Keywords / Kata Kunci: Keywords: Education Dynamics, Islamic Education Curriculum, Muqaddimah, Ibn Khaldun
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Faculty: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Mr. Setyo Tri Priyambudi
Date Deposited: 01 Aug 2024 08:52
Last Modified: 01 Aug 2024 08:52
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/5825

Actions (login required)

View Item View Item