PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RME (REALISTICS MATHEMATICS EDUCATION) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA KELAS 5 SEKOLAH DASAR DI SDN JATISAMPURNA III KOTA BEKASI

Oktapiani, Nabila Mega (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RME (REALISTICS MATHEMATICS EDUCATION) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA KELAS 5 SEKOLAH DASAR DI SDN JATISAMPURNA III KOTA BEKASI. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45 Bekasi.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (883kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (517kB)
[img] Text
BAB II (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (664kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (574kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (618kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V (2).pdf

Download (485kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (605kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya penggunaan model pembelajaran khususnya pada kemampuan literasi numerasi, sehingga mempengaruhi kegiatan pembelajaran siswa. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara bahwa model pembelajaran Realistics Mathematics Education (RME) belum pernah digunakan di SDN Jatisampurna III Kota Bekasi untuk kegiatan pembelajaran, sehingga hal tersebut membuat peneliti tertarik untuk menggunakan model pembelajaran Realistics Mathematics Education (RME) dalam kemampuan literasi numerasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran realistics mathematics education (RME) terhadap kemampuan literasi numerasi siswa kelas 5 di SDN Jatisampurna III Kota Bekasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu. Penelitian ini menggunakan kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II yang mana kelas eksperimen I diperlakukan menggunakan model pembelajaran Realistics Mathematics Education (RME) dan kelas eksperimen II menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Hipotesis, dan Analisis N-Gain dengan menggunakan bantuan aplikasi pengolah data yaitu IBM Statistic SPSS version 29.0. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Kemampuan literasi numerasi siswa kelas 5A di SDN Jatisampurna III Kota Bekasi yang menggunakan model pembelajaran RME di kelas eksperimen I memperoleh nilai rata-rata sebesar 86,77. Sebelum diterapkan model pembelajaran RME rata-rata hasil adalah 68,77, sehingga terdapat peningkatan rata-rata sebesar 18. 2) Kemampuan literasi numerasi siswa kelas 5B di SDN Jatisampurna III Kota Bekasi yang menggunakan model pembelajaran PBL di kelas eksperimen II memperoleh nilai rata-rata sebesar 83,07. Sebelum diterapkan model pembelajaran PBL rata-rata hasil adalah 65,60, sehingga terdapat peningkatan rata-rata sebesar 17,47. 3) Berdasarkan hasil analisis hipotesis diperoleh sebesar nilai Thitung (2.332) > Ttabel (2.00172). Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara model pembelajaran model pembelajaran Realistics Mathematics Education (RME) dan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan literasi numerasi siswa kelas 5 Sekolah Dasar di SDN Jatisampurna III Kota Bekasi.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDBudianti, Yudi0424017102
UNSPECIFIEDAningsih, Aningsih0406018202
Keywords / Kata Kunci: Kata Kunci : Kemampuan Literasi Numerasi, Model pembelajaran RME
Subjects: Eksperimen
Pendidikan
Faculty: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: ms nabila mega oktapiani
Date Deposited: 31 Jul 2024 07:22
Last Modified: 31 Jul 2024 07:22
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/5718

Actions (login required)

View Item View Item