ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL SQ3R DI SEKOLAH DASAR

Rakhmayanti, Dyah Nur (2024) ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL SQ3R DI SEKOLAH DASAR. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45.

[img] Text
Pendahuluan Dyah.pdf

Download (376kB)
[img] Text
02. Bab I.pdf

Download (165kB)
[img] Text
03. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB) | Request a copy
[img] Text
04. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text
05. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB) | Request a copy
[img] Text
06. BAB V.pdf

Download (34kB)
[img] Text
07. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB)

Abstract

Penelitian ini didasari oleh rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar. Meskipun guru memberikan panduan langkah-langkah membaca pemahaman selama proses pembelajaran, banyak siswa yang masih kesulitan mengikuti petunjuk tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan membaca pemahaman siswa menggunakan model SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) di sekolah dasar. Data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari artikel yang dipublikasikan di jurnal ilmiah melalui portal Google Scholar, terkait analisis kemampuan membaca pemahaman siswa dengan model SQ3R di sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Reviews (SLR) dengan menelaah 6 jurnal dari tahun 2020-2023, yang terdiri dari 2 jurnal penelitian tindakan kelas (PTK) dan 4 jurnal penelitian eksperimen. Penelitian dilakukan dengan mengumpulkan data dari artikel ilmiah di mana variabel yang dikaji adalah membaca pemahaman siswa, model SQ3R, sekolah dasar, dan Bahasa Indonesia. Artikel ilmiah dipilih berdasarkan kriteria inklusi yang telah ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model SQ3R secara signifikan meningkatkan kemampuan membaca pemahaman jika dibandingkan dengan metode sebelumnya. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan nilai rata-rata dan pencapaian indikator kemampuan membaca pemahaman yang lebih baik. Kata Kunci: Kemampuan Membaca Pemahaman, SQ3R, Bahasa Indonesia, Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDBudianti, Yudi0424017102
UNSPECIFIEDSugiharti, Rini Endah0411097804
Keywords / Kata Kunci: Kata Kunci: Kemampuan Membaca Pemahaman, SQ3R, Bahasa Indonesia, Sekolah Dasar
Subjects: Pendidikan
Faculty: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: ms DYAH NUR RAKHMAYANTI
Date Deposited: 11 Jul 2024 09:51
Last Modified: 11 Jul 2024 09:51
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/5510

Actions (login required)

View Item View Item