PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FLASHCARD DALAM PEMBELAAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS 2 SD SUKAMANTRI 01

Hanifatufajri, Lutfiah (2024) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FLASHCARD DALAM PEMBELAAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS 2 SD SUKAMANTRI 01. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45 Bekasi.

[img] Text
PENDAHULUAN .pdf

Download (840kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (143kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (708kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V .pdf

Download (27kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (177kB)

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya keterampilan membaca permulaan siswa kelas 2 SDN Sukamantri 01. Berdasarkan hasil observasi yang membuktikan bahwasanya pada pelajaran Bahasa Indonesia dalam membaca permulaan siswa termasuk rendah serta belum tuntas dikarenakan kekeliruan siswa dalam membaca huruf, siswa masih kurang teliti dalam membaca kata dan kalimat sederhana serta masih memerlukan bantuan dalam mengeja pada membaca kata maupun kalimat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca permulaan melalui media flahcard pada siswa kelas 2 SDN Sukamantri 01. Metode penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus meliputi empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Jumlah siswa pada penelitian ini yaitu 31 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrument tes membaca dan rubrik penilaian keterampilan membaca permulaan. Adapun indikator keberhasilan yang diinginkan penelitian ini jika 80% dari total jumlah siswa yang berhasil mencapai ≥ 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan membaca siswa meningkat pada setiap siklus, yaitu pada siklus I sebanyak 65% mencapai ketuntasan klasikal dengan skor rata-rata 78. Sedangkan keterampilan membaca meningkat pada siklus II ketuntasan klasikal 87% dengan skor rata-rata 89. Selisih persentase kesempurnaan klasikal siklus I dan II meningkat sebesar 39%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media Flashcard dapat meningkatkan keterampilan membaca dasar siswa di kelas 2 SDN Sukamantri 01.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDSumirat, Fanny0426107901
UNSPECIFIEDRikmasari, Rima0404108202
Keywords / Kata Kunci: Keterampilan Membaca Permulaan, Media flashcard, Bahasa Indonesia, Sekolah Dasar.
Subjects: Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan
Faculty: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: ms LUTFIAH HANIFATUFAJRI
Date Deposited: 13 May 2024 03:08
Last Modified: 13 May 2024 03:08
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/5292

Actions (login required)

View Item View Item