Analisis Marketshare Store Mixue di Kecamatan Tambun Selatan Berbasis Sistem Informasi Geografis

Astuti, Windi (2024) Analisis Marketshare Store Mixue di Kecamatan Tambun Selatan Berbasis Sistem Informasi Geografis. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45 Bekasi.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (142kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (619kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (437kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (64kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (205kB)

Abstract

Seiring perkembangan zaman yang semakin modern telah memunculkan berbagai macam jenis industri dibidang makanan dan minuman. Perusahaan Mixue yang menjadi pelopor trend minuman jenis ice cream and tea yang telah berdiri di beberapa negara termasuk Indonesia. Perusahaan ini telah mendirikan 9 store di Kecamatan Tambun Selatan, yang di mana Kecamatan Tambun Selatan merupakan wilayah terpada yang berada di Kabupaten Bekasi dengan memiliki luas wilayah 42,20 ha dengan populasi 426.765 jiwa. Perkembangan saat ini menyebabkan persaingan store dalam satu perusahaan yang sama. Dengan kondisi seperti ini, diperlukan identifikasi mengenai besaran nilai marketshare masing-masing store Mixue terhadap penduduk yang ada di Kecamatan Tambun Selatan. Dalam penelitian ini, penentuan marketshare didapatkan dari model huff. Model ini menghitung nilai jarak, probabilitas penduduk serta persentase dari masing-masing store menggunakan lokasi eksisting store dan jarak sensus tract. Hasil perhitungan tersebut kemudian di kombinasikan dengan nilai attractiveness dari rating google maps yang dihasilkan tiap store, sehingga didapatkan jangkauan marketshare terhadap kemungkinan mengunjungi seluruh store Mixue yang berada di Kecamatan Tambun Selatan. Dari penelitian ini dihasilkan perkiraan jangkauan pelayanan store untuk dikunjungi oleh konsumen. Didapatkan bahwa terdapat 5 tingkatan jangkauan pada masing-masing store yaitu 0-20% (sangat rendah), 20- 40% (rendah), 40-60% (sedang) , 60-80% (tinggi), 80-100% (sangat tinggi). Dan menghasilkan nilai yang variatif. Dari total 100% marketshare perusahaan Mixue telah menghasilkan presentase pangsa pasar atau marketshare terbesar diraih oleh store Mixue Graha Prima sebesar 23,73%, kemudian diikuti store Mixue Bumi Sani Permai sebesar 14,16%, store Mixue Ruko Madina sebesar 13,21%, store Mixue Jatimulya sebesar 12,05%, store Mixue Grand Wisata sebesar 10,53%, store Mixue Tambun sebesar 10,09%, store Mixue Sultan Hasanuddin sebesar 9,84%, store Bonlap Tambun Bekasi sebesar 3,87% dan yang terakhir oleh store Mixue Busines Park Tambun sebesar 2,51%.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDAdrian, Adrian0413108502
UNSPECIFIEDArdi, Ardi0409038903
Keywords / Kata Kunci: Pangsa Pasar, Model Huff, Pola Spasial
Subjects: Geoteknik
Faculty: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi S1
Depositing User: ms WINDI ASTUTI
Date Deposited: 15 Feb 2024 09:01
Last Modified: 15 Feb 2024 09:01
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/4947

Actions (login required)

View Item View Item