PERKEMBANGAN PERSEPTUAL DAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA SISWA DISLEKSIA

Syafira, Nadya Hasna (2024) PERKEMBANGAN PERSEPTUAL DAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA SISWA DISLEKSIA. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (155kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (544kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (743kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (35kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (175kB)

Abstract

Sistem pendidikan yang baik harus bersifat terbuka, demokratis, tidak diskriminatif dan menjangkau semua warga tanpa kecuali, berlaku bagi anak berkebutuhan khusus (ABK) termasuk anak dengan problema belajar membaca atau sering disebut disleksia. Membaca menjadi salah satu kemampuan mendasar dan diperlukan bagi siswa di sekolah dasar, namun faktanya 3-10% jumlah penduduk Indonesia adalah penyandang disleksia dengan kompetensi membaca urutan terendah di posisi 64 dari 74 negara pada PISA 2018. Sejumlah besar anak disleksia gagal berprestasi di bidang akademis karena terdapat kesenjangan antara potensi anak dan kinerja aktualnya, salah satunya diakibatkan gangguan fungsi perseptual dalam melakukan pemrosesan informasi terhadap objek-objek yang diinderanya. Terhambatnya perkembangan persepstual dapat menghambat keterampilan membaca. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan dan perbandingan perkembangan perseptual dan kemampuan membaca siswa disleksia. Penelitian ini merupakan penelitian metode kuantitatif korelasional untuk mengetahui hubungan antar variabel. Teknik sampling yang digunakan adalah non-random purposive sampling dengan jumlah subjek 25 siswa disleksia yang merupakan siswa pendamping Program Organisasi Penggerak Kota Bekasi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes kognitif, asesmen informal dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan instrumen informal observasi kemampuan membaca dan tes kognitif perkembangan perseptual. Uji reliabilitas instrumen tes perkembangan perseptual menggunakan Alpha Cronbach yang menghasilkan nilai ralpha = 0,919 sedangkan uji reliabilitas instrumen observasi kemampuan membaca siswa disleksia menggunakan Cohen’s Kappa yang menghasilkan rerata k = 0,551 menunjukkan kesepakatan rater sedang (moderate). Hasil uji koefisien korelasi Pearson Product Moment sebesar r = -0,783 yang artinya terdapat hubungan yang berbanding terbalik antar variabel, semakin tinggi perkembangan perseptual maka semakin rendah kemampuan membaca siswa disleksia demikian sebaliknya. Hasil uji komparasi tidak menunjukkan perbedaan signifikan kesulitan membaca pada kelompok karakteristik siswa. Hasil uji regresi linear sederhana antara variabel perkembangan perseptual dan kemampuan membaca siswa disleksia menunjukkan nilai B = 36.329, p = 0,001 (p < 0,05) yang berarti perkembangan perseptual memiliki pengaruh terhadap kemampuan membaca siswa disleksia. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,612 berarti perkembangan perseptual menyumbang pengaruh sebesar 61,2% terhadap kemampuan membaca siswa disleksia, sementara 38,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDPurwantini, Lucky0410128604
Keywords / Kata Kunci: Disleksia, Kemampuan Membaca Siswa Disleksia, Perkembangan Perseptual, Siswa Pendampingan Program Organisasi Penggerak (POP) Kota Bekasi
Subjects: Psikologi Pendidikan
Psikologi Perkembangan
Pendidikan
Faculty: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Psikologi S1
Depositing User: Miss Nadya Hasna Syafira
Date Deposited: 30 Jan 2024 08:06
Last Modified: 30 Jan 2024 08:06
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/4778

Actions (login required)

View Item View Item