PENGARUH MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMAN 6 TAMBUN SELATAN

Sugiardianingsih, Annisa (2024) PENGARUH MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMAN 6 TAMBUN SELATAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45 Bekasi.

[img] Text
02 BAB I.pdf

Download (281kB)
[img] Text
03 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (465kB) | Request a copy
[img] Text
01 COVER PENDAHULUAN.pdf

Download (557kB)
[img] Text
04 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB) | Request a copy
[img] Text
05 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB) | Request a copy
[img] Text
06 BAB V.pdf

Download (9kB)
[img] Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (250kB)

Abstract

Permasalahan yang terjadi dalam proses pembelajaran, guru dituntut untuk mampu memilih media pembelajaran yang tepat dalam menyampaikan bahan ajar kepada siswa, sehingga siswa lebih mudah memahami dan mengingat kembali bahan ajar yang disampaikan oleh guru, dan membuat daya tarik kepada siswa untuk lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Multimedia Interaktif terhadap motivasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran PAI di SMAN 6 Tambun Selatan. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperimen dengan rancangan Posttest- Only Control Group Design. Subjek penelitian ini yaitu XI A 32 siswa (eksperimen) dan XI B 33 siswa (kontrol) di SMAN 6 Tambun Selatan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pre-test dan post-test serta kuesioner/angket dan dokumentasi. Analisis yang dilakukan menggunakan ANOVA. Uji hipotesis dilakukan dengan bantuan Software Statistical Package for the Sciences (SPSS) versi 26 for windows. Dari hasil penelitian yang dilakukan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI di SMAN 6 Tambun Selatan maka disimpulkan ada perbedaan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran multimedia interaktif dengan pembelajaran konvensional, bahwa metode pembelajaran multimedia interaktif berpengaruh terhadap hasil belajar. Hal tersebut diperoleh dari nilai signifikansi sebanyak 0.00<0.05 yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil perhitungan posttest siswa kelas eksperimen dengan penggunaan multimedia interaktif menunjukkan rata-rata 88,62. Hasil tersebut memenuhi standar dari nilai KKM mata pelajaran PAI di SMAN 6 Tambun Selatan. Terdapat 11 siswa mendapatkan dibawah rata-rata dan 21 siswa nilai diatas rata-rata

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDLubis, Rabiyannur0413016001
Keywords / Kata Kunci: Multimedia Interaktif, Motivasi Belajar Siswa
Subjects: Eksperimen
Pendidikan
Pendidikan Agama Islam
Faculty: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Annisa Sigiardianingsih
Date Deposited: 24 Oct 2009 21:02
Last Modified: 24 Oct 2009 21:02
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/4761

Actions (login required)

View Item View Item