UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING DASAR MELALUI PENDEKATAN TAKTIS DALAM OLAHRAGA FUTSAL PADA SISWA KELAS V DI SDIT AL-INSAN ISLAMIC BILINGUAL SCHOOL KOTA

Nurachman, Aditya taufik (2023) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING DASAR MELALUI PENDEKATAN TAKTIS DALAM OLAHRAGA FUTSAL PADA SISWA KELAS V DI SDIT AL-INSAN ISLAMIC BILINGUAL SCHOOL KOTA. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45 Bekasi.

[img] Text
Pendahuluan Aditya NW (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I adit.pdf

Download (274kB)
[img] Text
BAB II adit nw.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III adit.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV adit.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (587kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V adit nw.pdf

Download (94kB)
[img] Text
DafPus Aditya taufik.pdf

Download (76kB)

Abstract

Aditya Taufik Nurachman : 41182191190129 “Upaya Meningkatan Hasil Belajar Passing Dasar Melalui Pendekatan Taktis Dalam Olahraga Futsal Pada Siswa Kelas V SDIT AL-Insan Islamic Bilingual School Kota Bekasi”. Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Fakulatas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas “45” (UNISMA) Bekasi tahun 2023. Penelitian ini bertujuan Untuk Meningkatkan Peningkatan Hasil Belajar Passing Kaki Bagian Dalam Melalui Permainan Modifikasi.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian tindakan kelas ini mempunyai langkah-langkah sistematis yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini bersifat kolaboratif dan partisipatif karena dilakukan oleh peneliti sendiri dan di amati oleh rekan-rekan pengajar pendidikan jasmani yang lain. Berdasarkan analisa hasil penelitian dan pembahasan dalam skripsi ini, maka dapat disimpulkan bahwa : Pada saat awal observasi awal/pra siklus, hasil pembelajaran siswa dalam materi passing dasar dalam olahraga futsal menunjukkan hasil yang cukup baik. Menunjukkan bahwa pada dasarnya hasil pembelajaran passing dasar dalam olahraga futsal siswa masih jauh dari yang diharapkan. Dari jumlah 36 siswa, hanya 9 siswa saja atau 25% siswa yang berhasil menuntaskan pembelajaran mereka. Hal ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran mereka memerlukan perbaikan sehingga hasil pembelajarannya bisa optimal. Pada proses penelitian siklus pertama, Berdasarkan data yang berhasil dikumpulkan, maka peneliti mengambil kesimpulan bahwa penggunaan pendekatan taktis ini efektif untuk meningkatkan hasil pembelajaran siswa dalam melakukan hasil belajar passing dasar dalam olahraga futsal. Dari data yang diperoleh, sebanyak 23 siswa atau 64% siswa mampu mencapai nilai sesuai kriteria ketuntasan minimal. Pada penelitian siklus kedua, tidak jauh berbeda dengan kondisi pada penelitian di siklus pertama, siswa semakin semangat dalam mengikuti pembelajaran dan menunjukkan hasil yang memuaskan. Dari 36 siswa yang menjadi subjek penelitian, 32 siswa atau 89% dari jumlah siswa mampu menuntaskan hasil belajar mereka sesuai KKM bahkan beberapa siswa telah melampaui KKM. Hal ini secara nyata bahwa pencapaian target hasil belajar passing dasar dalam olahraga futsal melalui pendekatan taktis mampu tercapai dengan baik, bahkan melampaui dari target yang ditentukan, yakni 80% siswa mampu mencapai nilai KKM.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDIntani, Andini Dwi0429068801
Keywords / Kata Kunci: Kata Kunci : Hasil Belajar Passing Dasar Olahraga Futsal, Pendekatan Taktis
Subjects: Penelitian Tindakan Kelas
Faculty: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi S1
Depositing User: mr aditya taufik nurachman
Date Deposited: 19 Dec 2023 06:24
Last Modified: 19 Dec 2023 06:24
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/4534

Actions (login required)

View Item View Item