ANALISIS PENGARUH LITERASI KEUANGAN SYARIAH, CORPORATE IMAGE, SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENGGUNAKAN PRODUK TABUNGAN DI BANK MUAMALAT

Hasanah, Andhira Nur (2023) ANALISIS PENGARUH LITERASI KEUANGAN SYARIAH, CORPORATE IMAGE, SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENGGUNAKAN PRODUK TABUNGAN DI BANK MUAMALAT. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45 Bekasi.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (582kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (461kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (455kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (652kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (243kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi keuangan syariah, corporate image, service quality terhadap keputusan nasabah menggunakan produk tabungan di Bank Muamalat. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah yang menggunakan produk tabungan Bank Muamalat yang berdomisili di Bekasi. Pengambilan sampel menggunakan metode accidential Sampling dengan penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Lemeshow yang menghasilkan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda. Pengujian dilakukan menggunakan program SPSS versi 22. Penelitian ini menghasilkan uji simultan variabel literasi keuangan syariah, corporate image, service quality secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan nasabah. Pada pengujian secara parsial hanya variabel service quality saja yang berpengaruh terhadap keputusan nasabah. Hal tersebut dikarenakan dalam dunia jasa keuangan, service quality dapat dirasakan langsung oleh nasabah, yang pada akhirnya akan berimbas pada keputusan nasabah menggunakan jasa atau produk bank. Lalu uji parsial literasi keuangan syariah terhadap keputusan nasabah menghasilkan bahwa tidak adanya pengaruh terhadap keputusan nasabah. Hal ini disebabkan karena responden pada penelitian ini tidak memandang literasi keuangan syariah sebagai faktor utama dalam menentukan keputusan menabung di lembaga keuangan syariah khususnya Bank Muamalat. Sedangkan uji parsial corporate image menghasilkan bahwa tidak terdapat pengaruh terhadap keputusan nasabah. Coporate image dari segi reputasi dan promosi yang diberikan ternyata tidak berpengaruh teradap nasabah dalam pengambilan keputusan. Akan tetapi perusahaan harus tetap mempertahankan corporate image nya di pandangan masyarakat. Kata Kunci: Literasi Keuangan Syariah, Corporate Image, Service Quality, Keputusan Penggunaan, Bank Muamalat.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDIsfandayani, Isfandayani0419107401
Subjects: Bank Syariah
Pelayanan
Faculty: Fakultas Agama Islam > Perbankan Syariah S1
Depositing User: MS Andhira Nur Hasanah
Date Deposited: 09 Oct 2023 06:22
Last Modified: 09 Oct 2023 06:22
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/4120

Actions (login required)

View Item View Item