PENERAPAN PENILAIAN AUTENTIK DAN IMPLIKASINYA PADA HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI MA AL-KHAIRIYAH

Asyifa fitri, Satia (2023) PENERAPAN PENILAIAN AUTENTIK DAN IMPLIKASINYA PADA HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI MA AL-KHAIRIYAH. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam "45" Bekasi.

[img] Text
01 COVER PENDAHULUAN SATHIYA.pdf

Download (674kB)
[img] Text
02 BAB I.pdf

Download (489kB)
[img] Text
03 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (641kB) | Request a copy
[img] Text
04 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (376kB) | Request a copy
[img] Text
05 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (512kB) | Request a copy
[img] Text
06 BAB V.pdf

Download (7kB)
[img] Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (114kB)

Abstract

ABSTRAK Sathiya Asyifa Fitri : 41182911160044 “PENILAIAN AUTENTIK DAN IMPLIKASINYA PADA HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN FIQIH DI MA AL-KHAIRIYAH” Skripsi. Bekasi: Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Agama Islam “45” Bekasi 2023. Skripsi ini membahas tentang bagaimana penerapan penilaian autentik untuk berimplikasi terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MA AL-Khairiyah. Penelitian menjawab dua pertanyaan penelitian, yakni 1) Bagaimana penerapan penilaian autentik untuk hasil belajar PAI di MA AL-Khairiyah, 2) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan penilaian autentik untuk hasil belajar PAI di MA AL-Khairiyah? Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, interview atau wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya, data tersebut dianalisis dan diolah secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan penilaian autentik pada hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI didahului dengan tahap persiapan dan pelaksanaan. Pada tahap persiapan, guru PAI mengkaji tujuan pembelajaran, materi, media, metode dan evaluasi. Pada tahap pelaksanaan, guru PAI melakukan kegiatan awal yakni menjelaskan tujuan pembelajaran dan model penilaian autentik yang digunakan. Pada kegiatan inti, guru PAI menerapkan penilaian unjuk kerja (performance), penilaian proyek dan penilaian portofolio, dan kegiatan akhir berupa kesimpulan dan pemberian motivasi belajar, 2) Faktor pendukung dan penghambat penerapan penilaian autentik hasil belajar PAI yakni dengan beberapa faktor pendukung antara lain: a) latar belakang pendidikan guru PAI yang pada umumnya sarjana, b) dukungan dari pimpinan sekolah dan pemerintah, c) dukungan ruang kelas dan fasilitas sekolah. Adapun faktor penghambat yakni: a) pengetahuan tentang penilaian autentik belum merata. Kata Kunci : Hasil Belajar Peserta Didik, Fiqih, Penilaian Autentik

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDMulyadi, Acep0405066803
Keywords / Kata Kunci: Hasil Belajar Peserta Didik, Fiqih, Penilaian Autentik
Subjects: Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan
Faculty: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Ms. Sathiya Asyifa
Date Deposited: 18 Oct 2023 09:22
Last Modified: 18 Oct 2023 09:22
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/3829

Actions (login required)

View Item View Item