STRATEGI DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA) SEBAGAI ALTERNATIF SOLUSI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA SEKOLAH DASAR

Ainulfa, Puteri Syifa (2023) STRATEGI DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA) SEBAGAI ALTERNATIF SOLUSI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA SEKOLAH DASAR. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam “45” Bekasi.

[img] Text
PENDAHULUAN .pdf

Download (461kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (241kB)

Abstract

Karya Tulis Ilmiah (KTI) ini berjudul “Strategi Directed Reading Thinking Activity Sebagai Alternatif Solusi Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar”. Membaca pemahaman adalah membaca secara kognitif (membaca untuk memahami). Dalam membaca pemahaman, pembaca dituntut mampu memahami isi bacaan. Oleh sebab itu, setelah membaca teks, si pembaca dapat menyampaikan hasil pemahaman membacanya dengancara membuat rangkuman isi bacaan dengan menggunakan bahasa sendiri dan menyampaikannya baik secara lisan maupun tulisan. Berdasarkan beberapa kajian masalah yang ditemukan dalam jurnal dapat diketahui bahwa membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran Bahasia Indonesia masih rendah. Pada saat pembelajaran membaca banyak siswa yang tidak memahami isi bacaan. Hal ini terlihat dari banyak siswa yang sulit untuk menemukan ide pokok di tiap paragraf cerita. lalu siswa kurang berani dalam mengemukakan pendapat dan mengajukan pertanyaan sehingga siswa sulit dalam memahami isi bacaan. Selain itu kemampuan membaca pemahaman belum mendapat perhatian yang serius. Siswa cenderung membaca tanpa memahami apa yang disampaikan penulis kepada pembaca. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan menggunakan Strategi DRTA. strategi Directed Reading Thinking Activity merupakan strategi pembelajaran dimana guru memberikan motivasi terhadap usaha dan konsentrasi siswa dengan cara melibatkan siswa secara intelektual serta mendorong siswa merumuskan pertanyaan dan hipotesis, memproses informasi, dan mengevaluasi solusi sementara. Tujuan strategi ini adalah untuk melatih siswa dalam menggunakan konsentrasi dan berpikir keras guna memahami isi bacaan secara serius. Prediksi hasil dengan menggunakan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) siswa diyakini dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman yaitu : (1) Menemukan pokok-pokok pikiran yang terdapat dalam teks. (2) Menyusun ringkasan. (3) Menjelaskan isi teks dengan kalimat-kalimat sendiri. Adapun saran-saran yang dapat diajukan dalam yaitu: Guru hendaknya menggunakan media pembelajaran berupa gambar seri agar dalam pelaksanaan nya siswa dapat lebih memahami isi bacaan melalui runtutan gambar tersebut. Selain itu, guru hendaknya menggunakan teks bacaan dengan materi yang sederhana agar siswa lebih termotivasi dalam mengikuti pembelajaran.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDArrahim, Arrahim0419038901
UNSPECIFIEDAningsih, Aningsih0406018202
Keywords / Kata Kunci: Reading Thinking Activity (DRTA), Kemampuan Membaca Pemahaman, Bahasa Indonesia
Subjects: Pendidikan
Faculty: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: ms puteri syifa
Date Deposited: 22 Aug 2023 06:13
Last Modified: 22 Aug 2023 06:13
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/3814

Actions (login required)

View Item View Item