HUBUNGAN ANTARAKEBIASAAN MEMBACA DENGAN HASILBELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARANBAHASA INDONESIA KELAS V DI SD SUKAMULYA 05

Adriyana, Tiara Ayu (2020) HUBUNGAN ANTARAKEBIASAAN MEMBACA DENGAN HASILBELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARANBAHASA INDONESIA KELAS V DI SD SUKAMULYA 05. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam "45" Bekasi.

[img] Text
1. Pendahuluan.pdf

Download (274kB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (97kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB V.pdf

Download (89kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (85kB)

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa tidak hanya disebabkan oleh ketidak mampuannya mengikuti pelajaran, melainkan oleh kemalasannya belajar mandiri. Hal ini dilihat pada saat pembelajaran berlangsung dari kurangnya hasrat dan antusias siswa dalam membaca, khususnya ketika siswa memiliki hambatan dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Kenyataan ini ditunjukkan dengan hasil belajar siswa yang rendah yaitu masih ada sebagian dari jumlah siswa kelas V mendapatkan nilai dibawah standar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan membaca dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V di SDN Sukamulya 05 Kec. Sukatani Kab Bekasi. Teknik penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Sukamulya 05 yang berjumlah 30 orang. Lembaran angket terdiri dari 30 item soal yang digunakan untuk mengukur kebiasaan membaca siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan perhitungan statistik korelasi Product Moment. Dengan rumus jika L_hitung > r_tabel maka H_a diterima artinya ada hubungan, sedangkan Jika L_hitung ≤ r_tabel maka H_o ditolak artinya tidak ada hubungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa r_hitung= 0,187 yang berada pada taraf signifikan 5% sebesar 0,161. Dengan demikian diketahui bahwa rhitung lebih besar daripada r_tabel. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan membaca dengan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Sukamulya 05 Kec. Sukatani Kab. Bekasi.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDAningsih, AningsihUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDSugiharti, Rini EndahUNSPECIFIED
Subjects: Psikologi Pendidikan
Faculty: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Users 16 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2022 07:54
Last Modified: 29 Jul 2022 07:54
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/378

Actions (login required)

View Item View Item